Sebelum masuk ke fungsi dan kegunaan dari Housing Filter atau biasa yang disingkat HF dan klorin kita terlebih dahulu mengenali apa itu Hf dan klorin. Hal ini berkaitan erat dengan Manajemen air dimana fungsi kedua ini saat baik untuk mencegah bakteri colli dan masuknya penyakit lain yang menyertainya yaitu CRD dan snot.

Bakteri colli sejatinya memang sudah ada di usus ayam, hanya saja ini menjadi tidak terlalu berbahaya dikarenakan jumlah konsentrasi bakteri E.Colli tidak terlalu banyak dan membahayakan usus dan masih bias ditangai oleh bakteri baik usus lainnya.

Kembali ke Hf, Housing Filter adalah wadah tempat penampungan sementara air sebelum di salurkan dan di distribusikan ke air minum ayam. Bentuknya seperti wadah dan mempunyai rangkaian on/off sebelum dan sesudah wadah filter air. Hal ini yang memudahkan nantinya untuk menyaring dan memastikan air yang di konsumsi ayam  dan sudah di sterilkan melalui Hf yang berisi klorin.

Klorin atau yang dalam bahawa awam disebut kaporit adalah senyawa dengan symbol Cl dan teringan sebelum udara yang tergolong sebagai senyawa oksidasi yang memiliki kemampuan untuk menangkap dan melepas electron. Karena sifat yang tergolong pengoksidasi ini menjadikannya efektif tidak hanya untuk membunuh bakteri E.Colli tetapi mikroorganisme lainnya. Karena sebelum penggunaan klorin di dunia perunggasan banyak kasus terjadi karena bakteri E.Colli menyerang dan menyebabkan bakteri lain masuk dengan mudah,

Seperti udah disinggung di atas klorin yang sifatnya pengoksidasi, bagaimana kita ketika menggunakan obat apakah harus di off klorin atau tetap memakainya?
saran saya pribadi tetep harus memakai klorin tetapi di endapkan terlebih dahulu selama 5 jam agar air steril. Jika tidak mau menunggu lama sebaiknya gunakan air yang sudah di masak. Toh jenis pemanas seperti oli sudah bias di modifikasi agar diatas bias untuk memasak air.

Tips lainnya dalam penggunaan klorin atau kaporit ini sebaiknya di pecah menjadi 4 bagian terlebih dahulu, agar lebih cepat tercampur ke dalam air dan membasmi bakteri dan menetralkan ph airnya.

Rajin-rajin membersihkan HF, kalau tidak mau hf kamu menjadi berkerak putih dan semakin sulit untuk di bersihkan nantinya. Bisa memakai pembersih kloset kalau sudah mengeras dan menggunakan pisau. Jika tempatnya saja sudah kotor pastinya airnya juga tidak akan steril lagi.

Tagged in:

, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles