Halo, kali ini kita akan kupas tuntas semua tentang Hewan Sugar Glider, tentang bagaimana ciri khasnya, panampilan luar, bagaimana proses bonding sugar glider, ciri sugar glider yg sehat, dan apakah sugar glider boleh diberi susu dan yang terakhir kesalahan dalam pemeliharaan Hewan Sugar Glider.

Hewan Sugar Glider

 

Kali ini saya akan menjelaskan tentang Hewan Sugar Glider itu sendiri, yang kebetulan saya bawa. Ini adalah bentuk sugar glider yang sudah dewasa. Dan kebetulan ini adalah betina. Dimana ciri khas dari sugar glider seperti ini. Penampilan luar seperti ini. Matanya yang lebar. Jika kita angkat seperti ini, ada seperti sayap. Sayap itu bernama patagium.

Ciri khas betina ada kantongnya. Dimana anaknya dibesarkan di dalam kantong. Sugar glider ini asli hewan Indonesia. Bisa ditemukan di Papua, Biak, Halmahera. Di benua Australia juga ada.

Banyak orang yang salah kaprah bahwa ini adalah tupai. Tetapi sebenarnya hewan ini bukan tupai. Hewan ini tidak termasuk sebangsa tupai. Tetapi termasuk bangsa marsupial. Karena seperti yang tadi saya jelaskan, ada kantongnya ini. Di mana anaknya akan dibesarkan di sini (kantong). Orang tertarik memelihara sugar glider ini adalah, seperti ini ya, yang kita sebut bonding. Dimana dia terikat dengan kita.

Istilah bonding itu lebih dari jinak. Terikat atau bond (bahasa inggris). Dia akan selalu mengikuti kita. Akan selalu di badan kita, seperti ini. Sedangkan, cara memeliharanya sendiri gampang. Kasarnya, boleh saya bilang, cukup disediakan makanan di dalam kandang. Lantas kita tinggalkan seperti itu, dia akan hidup.

Tetapi keunikan dari memeliharanya tidak seperti itu. Keunikannya adalah, seperti ini, dia akan selalu ada di badan kita. Yang saya sebut “Bonding”. Nah, seperti ini, bonding ini. Karena sudah bonding, dia sudah terbiasa. Jika kita membiarkan sugar glider di dalam kandang sendirian, dia tidak akan akrab atau bonding dengan kita.

Untuk memulai proses bonding itu sendiri, saya menyarankan memelihara dari kecil, bayi. Minimal umur, 1,5 bulan. Dari situ, proses bonding mudah terbentuk. Karena dia masih nurut, masih jinak. Dan mungkin kalau ada beberapa orang yang takut akan digigit. Jika digigit bayi sugar glider/joey, tidak akan terlalu sakit. Berbeda, ketika kita membeli yang sudah besar seperti ini.

Apalagi yang di pasar hewan yang sudah kadung liar. Proses bonding itu sendiri bisa bermacam-macam, yang pada intinya adalah kita interaksi dengan dia. Maksudnya interaksi adalah mungkin kita bermain dengan dia, seperti ini.

Kita pegang-pegang atau kekep seperti ini. Nanti dia akan tertidur. Karena dia memang hewan nokturnal, yang suka akan gelap. Atau mungkin kita bisa sediakan, seperti ini. Ini namanya bonding pouch atau bisa juga sebagai travel pouch. Jadi, ketika kita jalan-jalan, kita letakkan sugar glider di dalam travel pouch.

Yang akan kita letakkan di dada. Jadi, dia bisa mendengar detak jantung dan mungkin bau keringat kita. Dan jika kita punya waktu cukup, kita bisa keluarkan untuk selanjutnya interaksi dengan dia. Pada intinya, memelihara sugar glider agar bonding hanya satu. Kita harus lebih sering berinteraksi dengan dia. Itu tadi sepintas tentang sugar glider, apakah itu sugar glider dan cara memeliharanya. Saya menyarankan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sugar glider, coba riset lagi, lakukan penelitian. Apakah sugar glider itu cocok untuk Anda pelihara.

Karena sugar glider itu sangat unik. Dia tidak bisa kita tinggalkan di dalam kandang begitu saja. Dia perlu perhatian dari kita. Jadi lakukan penelitian sebelumnya, riset sebelumnya. Demikianlah sedikit tips sederhana dari saya. Semoga bermanfaat. Saya, Sonny Sonntro Catro, mengucapkan terima kasih atas perhatiannya. Sampai jumpa.

Ciri-Ciri Sugar Glider yang Sehat

hi, pecinta sugar glider. tahukah kalian. bahwa sugar glider yang sehat adalah idaman setiap para owner/pemilik sugar glider. terlebih lebih. kalian adalah seorang pemula. yang ingin memelihara sugar glider.

Berikut adalah 4 ciri-ciri sugar glider yang sehat :

  1. yang pertama, Nafsu makan terjaga. Sugar glider yang sehat pasti memiliki nafsu makan yang terjaga. Jadi, jika sugar glider kalian mogok makan, pasti ia sedang dalam keadaan tidak sehat guys. nah, jika kalian belum mengetahui apa saja yang menjadi makanan sugar glider.
  2. yang kedua, Aktif bergerak. Sugar glider yang aktif bergerak. menandakan bahwa ia pada keadaan sehat guys. Bisa kita rasakan perbedaanya. jika ia sedang sakit, pasti ia akan sedikit malas.
  3. yang ketiga, memiliki bentuk fases yang padat guys. Bentuk fases yang sehat. hampir menyerupai bentuk fases cicak guys. Jika sugar glider kalian fasesnya tidak padat, atau mencret. maka dapat dipastikan. bahwa ia dalam keadaan sakit guys.
  4. yang keempat, Berbulu lebat atau lembut. memang terlihat spele. bulu sugar glider. juga dapat menjadi ciri sugar glider sakit atau sehat. Jika sugar glider kalian rontok bulunya. maka dapat dipastikan ia sedang menderita hairloss guys. dan kalian perlu memberi penanganan khusus. jika kalian belum mengetahui apa saja penyakit sugar glider. silahkan cek dikolom deskripsi guys.

Nah, 4 ciri sugar glider sehat ini. semoga ada pada sugar glider kalian ya guys. semoga bermanfaat. that’s all, salam pecinta sugar glider.

Boleh Tidak Sugar Glider diberi Susu

Hi pecinta sugar glider. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang. Boleh tidak sih sugar glider diberi susu?

Banyak sekali owner sugar glider yang bertanya tanya tentang boleh tidak sih sugar glider di beri susu? jawabanya boleh.

Alasanya. karena sugar glider itu adalah hewan mamalia. Hewan Mamalia atau disebut hewan menyusui adalah hewan yang menyusui anaknya dengan adanya kelenjar susu dari induk betina yang akan menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya.

Jadi sudah terjawab kan guys bahwa sugar glider boleh minum susu. Nah, pasti kalian masih bertanya tanya tentang susu kemasan guys. Apakah boleh diberikan untuk sugar glider?

Begini penjelasanya selama susu tersebut tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk di konsumsi. maka susu tersebut boleh diberikan sugar glider guys. Namun, kalian juga harus cerdas guys boleh bukan berarti setiap saat diberikan.

Karna segala sesuatu hal jika terlalu over / kebanyakan pasti ada sisi negatifnya guys. Seperti halnya pemberian susu formula/kemasan yang terlalu sering akan menyebabkan gangguan pencernaan.

Jadi sebaiknya berikan susu ke sugar glider 2-3x saja dalam seminggu yang tujuanya untuk menyeimbangkan gizi untuk sugar glider kita guys.

Selanjutnya, Pasti kalian juga bertanya. bagaimana dengan susu Non-laktosa?

Nah, untuk pemberian susu non laktosa ke beberapa sugar glider menunjukan bahwa sebagian besar sugar glider tidak menyukainya guys.

Hal tersebut terjadi karena susu non laktosa tidak memiliki rasa manis guys sedangkan sugar glider sangat menyukai rasa manis.

Oia guys, hal yang harus kalian perhatikan dalam pemberian susu pada sugar glider adalah kalian jangan memberikan susu yang rasa coklat atau strawbery guys. Hal tersebut kita lakukan untuk kesehatan sugar glider kita guys.

Campuran coklat dan strawbery mungkin akan memberikan dampak tersendiri bagi kesehatan sugar glider kita. Demikian artikel pada kali ini guys. semoga bermanfaat.

Tetap sayangi sugar glider kalian. sebagaimana kalian menyayangi diri kalian sendiri guys salam pecinta sugar glider.

Kesalahan dalam memelihara Sugar Glider

Hy pecinta sugar glider pada kesempatan kali ini. saya akan membahas lima kesalahan dalam memelihara sugar glider.

Disaat kita memelihara hewan, pasti ada kalanya. kita melakukan sebuah kesalahan. yang tidak kita sengaja maupun yang disengaja dan ini adalah artikel tentang lima kesalahan dalam memelihara sugar glider.

Yang pertama, memelihara hanya satu ekor.

dimasa ini banyak sekali para pecinta hewan. yang memelihara sugar glider, namun banyak sekali yang tidak mengetahui atau bahkan tidak mau tahu jika memelihara sugar glider hanya satu ekor adalah penyiksaan secara perlahan lahan.

Bagaimana tidak, tuhan menciptakan mahluknya selalu berpasangan begitupun dengan sugar glider. Jika anda memelihara hanya satu ekor, maka anda harus mencarikan pasanganya atau anda akan mengalami hal terburuk yaitu, stres yang berujung kematian pada sugar glider anda.

Yang kedua, memelihara lebih dari satu ekor betina dalam satu kandang.

memelihara sugar gider secara kelompok atau koloni. sebenarnya kurang efektif dalam proses perkembangbiakan meskipun di alam liar sugar glider hidup secara berkelompok. namun.

Hal tersebut bisa kita atasi dengan beberapa cara.

  1. Yang pertamakita tidak boleh telat memberi makan.
  2. Yang kedua. memberikan sleeping pouch yang cukup. dengan jumlah sugar glider yang ada di kandang.
  3. Yang ketiga, memisahkan sugar glider yang terluka dengan sugar glider yang lain.
  4. Yang terakhir, memisahkan sugar glider betina. yang sedang IP atau in pouch. karena jika tidak maka induk betina lainya akan memakan joey tersebut.

Yang ketiga, mengajak bermain disiang hari secara berlebihan.

banyak sekali para owner yang tahu akan sugar glider adalah salah satu hewan nokturnal. namun, mereka tidak peduli akan hal itu. mengajak bermain sugar glider disiang hari secara berlebihan adalah salah satu penyiksaan oleh para owner.

Namun mereka tidak mengetahuinya hal ini terjadi, karena pada siang hari sugar glider tidur atau istirahat dan mereka akan aktif atau beraktifitas dimalah hari.

Jika anda tetap mengajak bermain disiang hari secara berlebihan hal terburuk yang akan menimpa sugar glider anda adalah kematian secara mendadak karena gagal jantung.

Yang disebabkan terlalu capek atau lelahnya sugar glider tersebut.

Yang keempat, menarik ekornya.

hampir setiap owner pernah mengalami sugar glider yang terlepas dan mengejarnya. namun, adalah kesalahan terbesar. jika anda menarik ekornya untuk mengambil sugar glider tersebut. karena hal terburuknya adalah putusnya ekor sugar glider dan yang paling menyakitkan adalah ekor tersebut tidak akan tumbuh kembali.

Solusinya, jika sugar glider anda terlepas. khususnya yang belum bonding atau jinak. gunakanlah kain untuk menangkap sugar glider tersebut.

Yang kelima, menambah makanan pada sisa makanan.

banyak sekali owner yang tidak mengerti atau ingin merasa hemat dalam hal ini. khususnya pada bubur bayi. jika anda sering melakukan hal tersebut maka ada beberapa hal yang akan menimpa sugar glider anda yaitu turunya nafsu makan dan yang paling fatal adalah keracunan.

Sisa makanan yang lebih dari tiga jam baiknya anda buang lalu anda cuci hingga bersih makan tersebut lalu kita berikan makanan yang baru, karena pada dasarnya sugar glider adalah hewan yang bersih dia tidak suka tempat yang jorok, terlebih lebih owner yang jorok.

jadi kesimpulan dari artikel ini adalah saya tidak menyalahkan anda. tetapi jika anda merasa bersalah karena pernah melakukan hal tersebut, maka lakukan yang terbaik untuk sugar glider anda sebagaimana anda memperlakukan diri anda sendiri.

Karena jika anda memutuskan untuk memeliharanya paling tidak anda harus memberinya lebih dari apa yang ia dapat di alam liar.

That’s all for this articel, Hewan Sugar Glider, tentang bagaimana ciri khasnya, panampilan luar, bagaimana proses bonding sugar glider, ciri sugar glider yg sehat, dan apakah sugar glider boleh diberi susu dan yang terakhir kesalahan dalam pemeliharaan Hewan Sugar Glider

saya ucapkan terimakasih buat teman teman. Salam pecinta sugar glider.

Tagged in:

, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles