Mereka yang lahir pada tahun 90-an ke bawah pasti sudah tidak asing dengan buah cimplukan yang dapat dijumpai dengan mudah waktu masa bermain dahulu, kali ini kita akan membahas harga buah dan pohon cimplukan.

Cimplukan atau Physalis Angulata L merupakan tanaman yg biasa tumbuh liar di kebun maupun semak. Namun kini cimplukan atau dalam bahasa sunda di kenal dalam sebutan cecenet mulai dibudidayakan di Indonesia.

Pohon Cimplukan

Harga Buah dan Pohon Cimplukan

Cimplukan yang dibudidayakan kebanyakan yg berasal dari Peru, Amerika yaitu Physalis Peruviana. Tanaman ini termasuk tanaman perdu dengan tinggi maksimal 2 meter. Daunnya sendiri berbentuk hati dan ukurannya lebih besar dari Physalis Angulata L yang tumbuh liar.

Walaupun beberapa daerah di Jawa termasuk dieng jenis cimplukan Physalis Peruvina dapat dengan mudah di jumpai.

Cimplukan sendiri masih family atau keluarga solenasi yaitu terong-terongan. Hal ini bisa diliat di dalam cimplukan terdapat banyak biji. Akan tetapi karena bentuknya kecil, berwarna kuning dan menarik di luar negeri ini disebut dengan beri-berian, seperti strawberry.

Buah Cimplukan

Harga Buah dan Pohon Cimplukan

Buahnya yang sudah matang memiliki penutup yg berwarna kuning serta buahnya kuning cerah.

Pada buah yang belum matang biasanya berwarna hijau pada penutupnya dan kuningnya gelap pada buahnya, rasanya yang asam serta kurang baik di konsumsi dan bisa menyebabkan keracunan.

Jenis cimplukan Physalis Peruvina perbedaan lainnya dari jenis Physalis Angulata terdapat pada daun yg berbulu kecil dan batang yang memiliki bulu-bulu kecil tetapi walau terkena tidak menyebabkan gatal.

Daun ini juga berfungsi untuk mengusir nyamuk dengan memetiknya dan mengoleskannya ke kulit. Caranya petik beberapa daun cimplukan lalu tekan dan putar daun dengan kedua tangan hingga keluar airnya kemudian oleskan ke tangan.

Di Francis kata Physalis memiliki arti penyelamat dikarenakan pada saat perang dunia daun dan buah cimplukan di pakai untuk pengobatan dengan luka tusuk atau luka tembak salah satunya di bantu dengan herbal tanaman ini.

Masa Panen dan Masa Tanam

Tanaman cimplukan dapat bertahan hingga 1 tahun dari penyemaian biji dan dengan masa panen di mulai dari usia 5 bulan.

Bunga Physalis Peruvina juga berbeda dengan Physalis Angulata, warnanya lebih kuning. Dibantu proses penyerbukan oleh lebah liar. Bunga ini nantinya akan berubah menjadi buah selama +- 1 bulan.

Setiap sisi cabang akan menghasilkan buah, oleh karena itu tangkainya perlu dirawat.

Tanaman cimplukan ini dibutuhkan penalian dikarenakan tanaman ini tidak merambat dan tidak pula bisa bertahan bertumpu. Dengan setiap batang di tali hingga tumbuh besar ke atas. Bambu bisa digunakan untuk menyangga tali-tali pada setiap tangkai pohon.

Produksi Buah Cimplukan

Rata-rata dalam 1200 pohon bisa menghasilkan 250 kg/minggu selama 1 tahun. Atau sekitar 200 gr/pohon/minggu.

Produksi buah cimplukan tidak serta merta menghasil buah yg bagus semua, diantaranya ada buah grade A dan B, pada grade A akan dijual sedangkan yg grade B yg kurang bagus yg terbelah sedikit di buahnya. Biasanya buah cimplukan grade B ini diolah menjadi saus dan kismis.

Proses budidaya cimplukan juga hanya memakai pupuk kandang, kemudian kapur pertanian dan pestisida nabati.

Kismis Cimplukan

Pertama-tama kismis hasil penyortiran di cuci menggunakan air bersih dan di bawa ke green house untuk proses pengeringan dan penjemuran. Pengeringan dilakukan selama 14 hari dan dibutuhkan suhu yang lebih tinggi sekitar 49,5°C.

Green house memiliki lubang udara sehingga mempercepat kismis kering. Terbuat dari plastik yg mengelili green house.

Harga Buah Cimplukan

Kismis dijual 100 gr seharga Rp. 60.000 yg dapat tahan hingga 1 tahun. Sama seperti cimplukan segar, kismis juga kaya akan kandungan seperti protein, gula buah, dan flavonoid yg bersifat anti oksigan kandungan potasium juga dapat mencapai 3x lipat dari pisang.

Sedangkan buah cimplukan di jual dengan harga Rp. 20.000/100 gr dan bisa bertahan dari 2 minggu sampai 1 bulan.

Manfaat dan Kandungan Buah Cimplukan

  1. Kaya akan vitamin A
  2. Vitamin C
  3. Zat besi
  4. Kaya serat dan rendah kalori
  5. Menjaga kesehatan hati dan ginjal
  6. Menstabilkan kadar gula darah
  7. Mengurangi kadar kolesterol
  8. Menjaga kesehatan mata
  9. Menurunkan resiko jantung koroner

Demikian artikel harga, pohon dan buah cimplukan, semoga bermanfaat. Terimakasih

Tagged in:

, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles