Fungsi kapur dolomit

Dolomite adalah sebuah kapur dari batuan dolomit yang telah mengalami proses penghalusan yang digunakan untuk kebutuhan peternakan dan pertanian serta mengandung magnesium yang baik untuk tanah. Fungsi kapur dolomit mampu menetralkan atau menaikkan ph serta menetralkan keasamaan tanah. Namun kali ini kita akan membahas fungsi dan kegunaan kapur dolomit dalam bidang peternakan.

Fungsi Kapur Dolomit Dalam Peternakan

Di dunia peternakan terutama unggas yang masih menggunakan litter atau sekam dolomit berguna untuk membantu mengeringkan kotoran ayam yang ada di litter sehingga lebih menghemat dalam penggunaan sekam. Kapur dolomit harganya relatif lebih murah, pasalnya 1 karung dolomit bisa di pakai dalam waktu seminggu dengan penggunaan taburan interval 2-3 kali setelah sekam di keruk tabur.

Fungsi kapur dolomit juga bisa mengurangi bau kotoran ternak, karena kotoran ternak yang kering cenderung sedikit berbau dengan menaburkan dolomit kotoran menjadi lebih kering dan mengurangi bau terutama amoniak yang sangat tidak baik untuk performance ayam.

Cara penaburan dolomit juga relatif mudah, tidak semua kandang ditabur untuk penggunaan litter, cukup di tabur di bagian yang sudah dan mulai lembab hasilnya nanti akan lebih kering dan dapat di pakai lebih lama.

Perhatikan penyimpanan kapur dolomit, usahakan agar dolomit tidak terkena air karena dengan terkenanya air dolomit menjadi basah dan menjadi kehilangan fungsinya sebagai penyerap kotoran ayam di litter broodingan.

Harga dolomit bervariasi perkilonya berkisar di harga 4rb – 10rban. Dan dapat ditemukan di toko-toko pertanian terdekat atau juga bisa membelinya secara online.

Bukan hanya berguna untuk dunia peternakan, atau pertanian dalam dunia perikanan dolomit juga berguna untuk menetralkan ph air.

Dolomit sendiri penyusun senyawa nya adalah  CaMg(CO3)kalsium magnesium karbonat kebanyakan ini di temukan di bukit kapur, di lahan rawa dolomit sangat berguna untuk pertanian karena bisa menyuburkan tanah dan menaikkan ph tanah.

Nah itulah kegunaan dan fungsi kapur dolomit di dunia peternakan, pertanian dan perikanan sekilas yang kita bahas. Semoga berguna dan silahkan share ke teman-teman jika bermamfaat.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles