Biosekuriti terbagi menjadi desinfeksi dan sanitasi dan mencakup jangkauan yang lebih luas di kandang. Fungsi Biosecuriti di kandang ini akan berhubungan langsung dengan pengendalian penyakit yang datang dari dan luar kandang.

Pencegah penyebaran penyakit melalui manusia

Orang dan kendaraan yang masuk lokasi kandang harus di batasi. Masuk ke lokasi kandang harus di semprot dengan desinfektan. Siapkan celup kaki dan celup tangan di kandang (air dan desinfektan). Sangat di sarankan untuk menyediakan 2 macam sepatu boot (untuk penggunaan di luar dan di dalam kandang) atau 2 macam sandal.

Diusahakan juga siapapun orang luar yang masuk ke kandang di semprot dahulu dengan desinfektan, lalu celup kaki. Cara membuat celup kaki sangat mudah, tinggal potong setengah jerigen formalin atau jerigen lainnya lalu isi dengan air dan desinfektan.

Lakukan penyemprotan juga terhadap kendaraan yang keluar masuk kandang. Dan yang terpenting jangan kunjungan ke kandang ayam sehat setelah dari kandang ayam yang sakit.

Pencegahan penyebaran penyakit melalui ayam

Segera keluarkan ayam yang mati dalam kandang setiap hari. Jika ada ayam yang menunjukkan gejala sakit segera culling / afkir. Hal ini lebih mudah dan lebih baik di lakukan pada saat ayam masih di usia broodingan karena pakan yang di konsumsi juga belum terlalu banyak.

Untuk ayam yang mati karena sakit, sebaiknya di celupkan ke dalam desinfektan, dihitung agar tidak terjadi selisih di akhir dan di masukkan ke dalam karung kemudian di kubur atau di bakar.

Pencegahan penyebaran penyakit melalui peralatan

Biosecuriti di kandang juga termasuk di peralatan, peternak harus menjaga kebersihan dan desinfeksi kandang serta peralatan untuk mengurangi mikroorganisme patogen hingga level minimun. Pembersihan 1 hari sekali minimal dengan menggunakan desinfektan bisa menjadi salah satu solusinya.

Peralatan kandang sebaiknya jangan di pindahkan dari kandang yang satu ke kandang yang lainnya, dan sebisa mungkin hindari transfer pakan antar kandang apalagi kandang  sakit.

Fungsi biosecuriti di kandang juga bisa dengan mencegahnya melalui vektornya. Contohnya tikus, burung, ular, binatang liar lainnya, di lapangan yang paling banyak di temui adalah kutu franky yang bisa menjadi vektor gumboro. Pentingnya cuci kandang dan semprot desinfektan sebelum chickin menjadi penting.

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles