Info artikel berikutnya kita akan membahas tentang ciri-ciri sapi simental dan limosin. Fenomena sapi yang terbilang unggul dengan ukuran tubuh yang besar yaitu sapi limosin. Selengkapnya simak fakta-faktanya berikut ini.

Baca juga tentang cara memelihara sapi FH

Ciri-ciri Sapi Limosin

 

Sapi limosin merupakan tipe sapi potong yang memiliki bentuk tubuh besar, padat dan otot yang kuat dan bulunya berwarna coklat tua.

Kecuali di bagian mata serta lutut sampai bawah berwarna coklat muda. Sekitar ambingnya juga berwarna putih. Untuk pejantan bobotnya bisa mencapai 1000 kg sedangkan untuk betina adalah 500 kg.

Ada beberapa fakta lain yang akan kita ulas mengenai sapi limosin di antaranya :

Berasal dari Perancis yang dipelihara secara masal yang di ambil dagingnya. Bedanya yang kekar biasanya di jadikan untuk membajak di sawah.

Harganya Mahal

Tidak bisa dipungkiri jika sapi ini memiliki harga yang tinggi untuk satu ekornya saja satu sapinya di hargai sebesar 70 jt sebanding dengan kualitas yang terdapat pada sapi limosin ini.

Pakan yang sehat dan berkualitas

Sapi limosin dapat tumbuh besar dan sehat karena faktor makanan yang di konsumsi nya. Para peternak tidak memberikan pakan buatan pabrik melainkan dengan rumput alami. Adapun jenis rumput yg di pilih yaitu rumput gajah, rumput gembala, juga legum yang diberikan secara bergantian dan terjadwal agar sapi merasa senang dan tidak bosan bisa di tambahkan vitamin dan konsentrat.

Mendapat perawatan istimewa

Seorang peternak biasanya memperlakukan sapi mereka secara manusiawi, sapi-sapi itu di pijat secara rutin agar pertumbuhan otot mereka sempurna. Untuk mandinya sapi limosin mendapat perlakuan ekstra. Badannya akan di gosok secara lembut dan perlahan dengan menggunakan kuas. Sedikit berbeda dengan sapi pada umunya dengan hanya di gosok menggunakan srabut kelapa.

Ciri-Ciri Sapi Simental

Sapi Simental digemari peternak Indonesia karena selain pertumbuhan cepat dia juga penurut. Karena memang sapi simental tipe pedaging dan tipe perah. Sehingga karena mempunyai produksi susu yang banyak mempunyai ciri khusus yaitu penurut seperti sapi perah yang lain.

Sapi simental dewasanya bisa mencapai 1400 kg, tp biasanya mencapai 1100 kg. Dengan bobot betina 600-800 kg. Persentase daging karkas cukup tinggi 50-60% lemaknya tidak banyak maupun sedikit.

Sapi ini bisa makan apa saja dari hijauan, rumput kering atau konsentrat. Mempunyai efesiensi yang tinggi di pencernakan bisa bertambah dalam 1 hari sebesar 3 kg dengan rata-rata 1,5-2,1 kg/hari. Di gemari juga oleh pemotong sapi karena lemaknya yang rendah.

Sedangkan ciri sapi simental adalah

  • Dari warnanya merah bata, yg banyak ada coklat mudah. Sapi ini termasuk ke bangsal dalam bos taurus atau sapi eropa.
  • Ditubuhnya ada belang putih yang ciri dari sapi simental adalah warna kepala putih, ekor dan kaki putih terutama di lutut kebawah.
  • Pantat putih,
  • Tanduk putih.
  • Kukunya juga putih.
  • Tubuhnya panjang dan kekar dan berotot sehingga bobot yang besar dan memproduksi susu yang banyak pedetnya dapat tumbuh dengan baik dengan catatan di beri pakan yang berkualitas.
  • Di pasar banyak di jumpai sapi simental dan harganya luar biasa.

Itu lah ciri-ciri sapi Limosin dan simental. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles