Membahas ternak besar seakan tidak ada habisnya, mulai dari Sapi Perah,Sapi Simental Dan Limosin, nah kali ini kita akan membahas Ciri-ciri Sapi Brahman dan Sejarahnya.

Ciri-Ciri Sapi Brahman

Ciri-ciri sapi brahman adalah :

  • Badannya cukup tinggi
  • Ada gumpa atau punuk bagian atas.
  • Antara punuk sampai kedepan kelihatan sekali warna nya agak kehitam-hitaman.
  • Telinganya agak sedikit lebar jika dibandingkan dengan jenis lain.
  • Badan belakang cukup panjang
  • Memiliki bobot badan yang lumayan berat.

Salah satu ciri sapi ini bukan murni sapi brahman tetapi sudah persilangan karena yang masih murni sapi brahman memang ada di India atau Amerika.

Sedangkan di Indonesia kebanyakan sudah persilangan atau adaptasi dengan sapi lokal. Tetapi ciri utamanya masih kelihatan. Sapi brahman bisa mencapai bobot hingga 1,4 ton.

Sejarah Sapi Brahman

Sebenarnya sapi brahman adalah keturunan dari sapi bos Indikus dimana asalnya dari negara India. Nama brahman adalah nama pendeta brahmana yang ada di India. Sejak tahun 1880 an sapi brahman ini mulai dikembangkan di Amerika. Sapi ini adalah salah satu sapi potong yg terbaik di dunia.

Dikembangkan di benua amerika selatan, seperti negara Paraguai, Brasilia, Meksiko, Panama, Kolombia. Namun secara intensif sapi brahman ini di kembangkan di Amerika Serikat, terbukti dengan di kembangkannya asosiasi breeder sapi brahman di Amerika. Ini menunjukkan jenis sapi ini sangat potensial di kembangkan di Amerika Serikat.

Sebenarnya sapi brahman yg ada di Amerika ini adalah hasil persilangan Sapi gujarat yang ada di India juga, sapi ongole, serta gir dan sapi lembah krisna yang semuanya ada di India.

Kini sapi brahman disilangkan dengan sapi asal eropa atau sapi jenis bos taurus sehingga kita kenal dengan namanya sapi brangus yaitu persilangan dengan sapi brahman dan angus.

Dan juga ada jenis persilangan lain yaitu sapi simbrah, simental dengan brahman. Sapi simental ini sapi2 dari subtropis terutama dikembangkan di Eropa.

Kemudian juga sapi brahman di persilangkan dengan nama yg di kenal beefmaster yg memiliki daging yg bagus.

Ada lagi sapi santa gertrudis yang silangkan dengan jenis lain. Itulah perkembangan sapi brahman yg di silangkan di negara sub tropis dan tropis.

Sebenarnya keunggulan sapi brahman ini luar biasa yaitu.

Sapi ini sangat adaptif dan toleransi terhadap cuaca panas yg ekstrim terutama di daerah2 tropis yang jita ketahui di daerah afrika selatan seperti meksiko, argentina, paraguay. Demikian juga halnya di Indonesia. Itu dikenal dengan nama2 sapi brahman seperti sapi Ongole.

Selain di kembangkan Di Amerika Selatan ataupun Utara, sapi ini juga dikembangkan di benua Australia. Dimana populasi 50% adalah populasi sapi brahman dan brahman cross.

Kita ketahui di Australia ini mendekati iklim tropis sedangkan Australia bagian selatan iklimnya sub tropis.

Maka sapi ini sangat tahan terhadap cuaca panas, tetapi tahan juga terhadap cuaca yang lebih dingin. Dimana di bagian victoria suhunya di bawah 0°.
Perkembangan populasinya cukup tinggi.

Terimakasih telah berkunjung di postingan ciri-ciri sapi brahman dan sejarahnya. Terimakasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles