Sebelum nya membahas tentang Kambing Boer beserta Analisa Usahanya, Kali ini kita akan berbagi tips dan cara mengetahui sapi birahi, ciri-ciri sapi betina birahi serta makanan agar sapi cepat birahi hingga bisa cepat dan tepat untuk di tindak lanjutin dengan IB atau inseminasi buatan ataupun kawin alam.

Ciri-Ciri Sapi Betina Birahi

Ciri-Ciri Sapi Betina Birahi

Tidak beda halnya dengan manusia sapi pun memiliki tingkat yang berbeda beda, tergantung dari tingkat kesuburan, pola makan ataupun ras dan jenis sapi yg bisa membedakan tingkatan usia sapi betina dalam proses birahi. Namun rata rata sapi betina memiliki tingkat birahi ketika usianya menginjak satu tahun ke atas sampai 2 tahun.

Ciri-ciri sapi birahi :

  1. Sapi gelisah atau memiliki tingkah tidak seperti biasanya dan diikuti dengan penurunan nafsu makan.
  2. Sapi berteriak berteriak atau selalu ngah-ngoh, tp ciri kedua ini tidak semua sapi berteriak seperti ini. Tetapi hampir semua memiliki ciri nomor 1.
  3. Sapi betina sering menaiki dan naik2 ke sapi lainnya. Atau istilahnya menaiki sapi lainnya adalah tanda2 sapi sedang birahi.
  4. Ciri berikutnya, pada vulva atau kelamin sapi betina memiliki tanda-tanda 3A, yaitu abang, anget dan Aboh. Sapi tersebut secara alamiah menunjukkan sudah siap di kawinkan atau IB.
  5. Keluarnya cairan lendir pada vulva atau kelamin sapi betina dan ketika keluar itu merupakan puncak dari birahi sapi betina. Disarankan tidak lebih dari 1×24 jam di kawinkan atau di berikan IB karena itu merupakan peluang terbesar terjadinya kehamilan.
  6. Vulva atau kemaluan sapi betina terlihat bengkak dan apabila di rada terasa hangat dan ketika kita buka akan terlihat berwarna merah.

Cara Memberikan Ransangan dan Meningkatkan Kesuburan Pada Sapi Betina

Ketika usianya sudah siap untuk diberikan kawin ataupun ib namun mereka tidak menunjukkan gejala2 sapi birahi. Yang ditakutkan ketika sapi sudah siap untuk kawin tp tidak memiliki tanda2 birahi di khawatirkan sapi ini mandul atau mager.

Caranya bisa di berikan makanan kecambah dari kacang hijau dan juga diberikan tambahan ikan teri.

Seberapa banyak pemberiannya. Kecambah bisa di berikan kepada sapi dengan diberikan ke combotannya atau minumnya dengan 2-2,5 Ons diberikan 2x sehari pagi sore selama 3 hari berturu-turut.

Sedangkan ikan teri bisa diberikan 1-1,5 Ons bisa diberikan 2x untuk pagi dan sore. Sebaiknya di haluskan dan di campurkan dengan comboran dan kecambah td.
Kecambah memiliki kandungan vitamin yang tinggi sehingga bisa merangsang sapi agar lebih cepat biragi.

Pentingnya mengetahui ciri-ciri sapi betina birahi adalah untuk menambah jumlah keuntungan yang Insyaallah dengan usaha dan bersungguh-sungguh bisa menjadikan tabungan bagi kita.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles