Sapi Bali

Sapi bali merupakan sapi khas dan Plasma Nutfah dari provinsi bali yang memiliki banyak keunggulan di bandingkan jenis sapi luar. Meskipun dari segi postur dan bobot badan masih kalah. Tetapi sebagian besar sapi bali di minati oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Selamat Pagi. Jika kemarin peternak yg berbudidaya kambing boer. Hari ini dengan salah seorang pengurus yaitu pak Hari Suyanto yang akan menjelaskan lebih rinci tentang ciri-ciri sapi bali dan kelebihannya, ciri-cirinya terutama untuk jantannya.

Ciri-ciri Sapi Bali

Pertama. Kaki sampai bagian lutut itu. seperti mengenakan kaos kaki putih. Iya. Di bagian belakang ada. belang berwarna putih.

Ada juga jenis Sapi persilangan yang di kembangkan belakangan ini untuk mencukupi kebutuhan daging dan lebih menguntungkan serta efesien.

Sapi ini juga ada belang berwarna putih.  Ciri atau tanda khusus Sapi Bali adalah kaki seperti mengenakan kaos kaki putih. Warna sapi bali jantan dewasa adalah hitam. Kemudian. Karena sapi bali di alam bebas itu seperti Banteng.

Kelebihan Sapi Bali

Sapi bali memiliki banyak sekali kelebihan bahkan di bandingkan sapi lokal lainnya. Beberapa di antaranya yaitu :

  • Dagingnya padat
  • Lebih empuk daging sapi bali
  • Lemaknya sedikit.
  • Tapi rata rata berat badannya. Kalah dari sapi Limousin atau sapi Simmental ya. Berat badan kalah namun kualitas daging sapi bali unggul. Lebih baik Sapi Bali.
  • Adaptasi dan penyesuaian lingkungan sapi bali sangat baik. Iya benar. Lebih mudah dirawat. Sapi di rawa atau dimanapun bisa menyesuaikan. Tahan terhadap cuaca panas yang notabene di Indonesia hanya ada 2 musim jd sapi bali lebih tahan panas di banding sapi luar yg kendati memiliki 4 musim
  • Status Reproduksi Sapi Bali bagus, karena Satu kali kawin langsung jadi atau bunting.

Tapi kebanyakan peternak lebih menyukai sapi bali dan pembeli hewan qurban rata rata mencari sapi bali 97% Sapi Bali.

Alasannya di antaranya yaitu Kualitas daging. Daging sapi Limousin dan Simmental banyak lemaknya ya.

Pertama di Tarakan belum terlalu banyak sapi jenis Limousin dan Simmental terus. Harganya juga bersaing dan lebih murah dibandingkan sapi Limousin dan Simmental.

Adapun jenis persilangan sapi lainnya dengan sapi luar yang tidak memiliki ciri belang di Kakinya yg sudah tidak ada seperti mengenakan kaos kaki putih itu adalah Sapi PO (Peranakan Ongole) dan Sapi Bali karena Kepalanya panjang. Baiklah. Siap. Terima kasih Pak Hari. Sukses terus.

Itu td adalah ciri-ciri sapi bali serta kelebihannya yang akan membuat kalian lebih tau dan juga referensi bagi kalian yg ingin beternak di ternak ruminansia. Semoga bermamfaat.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles