Saat ini ketika peralihan musim ayam lebih rawan terhadap berbagai penyakit, hingga lemahnya antibodi akan menyebabkan ayam mengalami gangguan kesehatan dan masuknya berbagi macam penyakit.

Vaksin adalah sesuatu virus yang di lemahkan yang di masukkan ke dalam tubuh yang gunanya untuk tubuh bisa memproduksi kekebalan atas vaksin yang di masukkan ke dalam tubuh.

Cara vaksin ayam ada yang berupa inject, spray, tetes dan air minum yang akan kita bahas untuk vaksin virus apa saja di gunakannya dan umur berapa saja vaksin di lakukan.

Yg Perlu di Perhatikan Sebelum Vaksin

Yang pertama dan terpenting adalah perhatikan kondisi dan kesehatan ayam sebelum di berikan vaksin. Karena kita akan memasukkan sebuah virus yang lemah ke dalam tubuh ayam. Walaupun lemah tetap saja ini sebuah virus yang jika sebelumnya sudah ada penyakit dan ayam kondisi lemas maka antibodi akan kesusahan ketika dimasukkan suatu penyakit baru, dampak dari ini bisa saja ayam akan semakin sakit dan berakibat pada tingkat kematian ayam.

Vaksin itu sendiri harusnya tidak terkena sinar matahari langsung, baik saat membawanya menggunakan marina cooler dan kedap yang berisi es untuk menjaga suhu vaksin agar tetap baik.

Dan setelah selesai timbunlah di dalan tanah atau bakar.

Jenis vaksin Ayam

Cara Vaksin Ayam

 

ND-AI

Umumnya vaksin ini satu paket dan di suntikkan dengan inject dan bisa juga spet jarum pada ayam kecil dan yang terbaru di hatchery yang di kenal dengan vaksin hatchery ini sudah langsung di vaksin. Baik dengan spray ataupun mesin injeck.

ND-IB

ND-IB pada gambar biasanya adalah untuk revak ulang vaksin,di kandang yang history sebelumnya pernah kemasukkan ND dan IB bisa dilakukan revaksin ulang di umur 14-16 hari. Biasanya vaksin ulang pada ayam broiler berupa vaksin air minum.

Gumboro (IBD L) 

Vaksin jenis ini dilakukan di awal saat di hatchery ataupun di kandang saat ayam berumur 3-4 hari. vaksin ini terkenal dengan singkatan IBD sedangkan di Cevac menamai vaksin ini dengan IBD L.

Ketika akan revak ulang vaksin biasanya dilakukan dengan oral atau air minum pada saat usia ayam berumur 14 hari.

ND Lasota

Vaksin jenis ini berupa vaksin tetes yang bisa di teteskan di hidung, ataupun juga di mata. Pemberiannya pada ayam broiler biasanya bersamaan dengan larutan dapar yang kemudian di ratakan dengan mengocoknya.

Cara Vaksin Ayam

Inject

Inject Vaksin

Inject adalah suntikan yang memudahkan vaksinator untuk menyuntik ayam yang berjumlah ratusan bahkan ribuan. Dengan menggunakan jarum yang dapat di ganti.

Cara penggunaannya bisa di dada pada ayam yang sudah besar dan lebih di sarankan di dada karena tidak banyak sarap yang akan terkena dan jika terlalu dalam dilindungi oleh tulang dada. Perhatikan saat menyuntik di dada, ambil 2cm dari tengah dada karena tulang dada berada di tengah dada.

Adapun cara suntik lainnya adalah di leher ayam di sub utannya dan jangan terkena otot. Karena bagian leher lebih banyak otot dan jaringan lainnya persen terkena nya lebih banyak, walau vaksinator yang sudah handal sekalipun.

Spray

Ini di lakukan dengan cara menyemprotkan secara merata ke seluruh ayam. Resiko nya ada beberapa ayam yang tidak terkena vaksinnya dan kelebihannya lebih cepat dan hemat waktu.

Air Minum

Tipe jenis ini, biasanya ayam di puasakan terlebih dahulu 1-2 jam tujuannya agar vaksin habis dan merata di minum oleh ayam.

Spet Jarum Suntik

Cara vaksin Ayam

Ini bisa digunakan untuk yang tidak memiliki alat inject yang mahal dan ini lebih murah tetapi cuman bisa di gunakan untuk ayam dengan populasi satuan sampai puluhan.

Semoga atrikel cara vaksin ayam ini berguna. Silahkan share ke teman-teman peternak lainnya.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles