Cara Ternak Ayam Potong

Postingan-postingan sebelumnya adalah postingan dan artikel yang membahas lebih spesifik  yang ditujukan untuk yang sudah mengenal broiler atau ayam potong sebelumnya.

Tp kali ini bagi yang masih bingung tentang cara ternak ayam potong kita akan bahas secara komplit dari penyakit, Pakan,  jenis DOC, jenis kandang, obat-obatan, pemanas, broodingan, patokan dan standart bobot Ayam dan fcr serta ip secara sederhana dan di sertai link ke artikel yang bersangkutan jika ingin mempelajarinya lebih dalam.

Ayam potong atau broiler sangat terkenal di kalangan masyarakt sebagai unggas yang paling cepat pertumbuhan dagingnya dalam waktu yang cepat. Dalam waktu 30 hari bahkan sudah ada yg bisa mencapai bobot 2 kg.

Karena cepatnya pertumbuhan ayam broiler ini, mereka memerlukan suhu, kondisi, dan pakan yang bisa menunjang pertumbuhan ayam secara optimal.

Perlu di tekankan dalam beternak ayam potong yang terpenting adalah seberapa besar pakan yang kita hemat untuk menjadikannya daging, selain itu jika ingin beternak mandiri patokan harga pasar juga kita harus tau, agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ini sudah kita bahas secara detail di bisnis usaha ayam potong.

Mengurangi stress akibat perubahan suhu dan cuaca dewasa kini dengan kandang clouse house sangat membantu mengoptimalkan pertumbuhan. Tetapi dibkandang open sekalipun tidak bisa di remehkan.

Beberapa peternak terus melakukan upgrade manajemen, penambahan kipas ketika panas, pengkabutan dan berbagai macam suplemen tambahan serta herbal sebagai salah satu bukti nyata dari perkembangan dari ternak ayam potong ini sendiri.

Cara Ternak Ayam Potong

Tipe Kandang Ayam

Kandang Ayam Potong

Mau usaha ternak ayam dalam skala besar atau skala rumahan?

Dalam skala besar di atas 10.000 ekor saat ini anda diharuskan untuk mengurus surat ijinnya ke pemerintah. Jika di bawah itu ijin bisa di dapatkan dengan mengantonginya dari rt rw dan masyarakat setempat. Karena pastinya kotoran ayam akan mengundang banyak lalat dan bau yang meresahkan warga.

Biasanya di akhir panen warga sekitar kandang akan diberikan jatah lingkungan 1,2 ekor per rumahnya.

Dalam skala rumahan, tipe kandang yang admin rekomendasikan adalah tipe baterai dan umbaran tidak di rekomendasikan. Karena gen dari bobot ayam potong tidak akan berkembang pesat karena kandang umbaran rawan stress akibat perubahan cuaca dan angin yang berubah-ubah.

Tipe-tipe kandang ayam dan gambarnya bisa di akses secara detail disini

DOC Ayam Potong

Hal pertama yang harus disiapkan dalam beternak ayam potong atau broiler adalah pemilihan DOC  pada ayam. DOC yang baik dan jelek kita bahas lengkap disini. Secara garis besar DOC yang baik adalah DOC yang langsung di datangkan dari hatchery atau penetasan tanpa bermalam di broker atau tempat lain.

Jika DOC sudah bermalam lebih dari 2 hari, DOC tidak mendapatkan asupan makan dan minum yang hsrusnya kita berikan secepat mungkin untuk perkembangan usus dari ayam, yang berpengaruh pada pertumbuhannya nantinya.

Bobot DOC awal juga menjadi faktor penentu tetapi tidak mutlak. Karena jika anda memutuskan untuk beternak melalui kemitraan menekan dan mendapatkan efesiensi pakan adalah yang terpenting.

DOC yang ada di pasaran yang berupa dan sering di cat warna-warni merupakan DOC dengan grade terjelek yang di keluarkan oleh pabrik DOC. Anda pasti akan kesusahan dalam memeliharanya dan kebanyakan akan mati sebelum mencapai bobot besar dan panen.

Beberapa alternatif pabrik DOC adalah Pokphand dengan CP-707, Japfa dengan MB Platinum dan Goldnya, lalu Malindo, Silga.

Pakan Ayam Potong

Pakan Ayam Potong

Pakan ayam potong dibahas secara detail di artikel Pakan Ayam Broiler. Secara sederhana pakan ayam awal disebut pakan prestarter dan pakan sesudahnya starter dan terakhir adalah finisher.

Pakan yang beredar di pasaran juga bermacam-macam. Sejalan dengan kualitas sejalan pula dengan harga. Pabrik besar seperti Japfa dan Pokphand terkenal dengan pakan 711 dan Comfeed BR-01 nya yang memiliki kualitas premium di banding pakan lainnya.

Semenjak di berlakukannya Free AGP pada pakan ayam pedaging dan petelur, beberapa pabrik pakan membuat pakan medicated yang dikhususkan untuk penggunaan ayam yang sakit dan mengandung AGP di dalamnya.

Penggunaan pakan alternatif pada ayam potong tidak direkomendasikan mengingat dalam penggunaan dan fungsinya tidak memberikan pertumbuhan daging yang bagus dan lebih cenderung boros. Tetapi di dua hari atau satu hari sebelum panen ini tidak terlalu bermasalah asalkan di campur dengan pakan pabrikan 1:1.

Manajemen Ayam Potong

Manajemen disini meliputi OSCAP, yaitu Oksigen, Suhu, Cahaya, Air, dan Pakan. Manajemen brooding pada ayam umur awal sangat berpengaruh besar.

Manajemen penyakit dan mengetahui beberapa penyakit dan obatnya juga bisa menekan angka kematian dan kerugian, yang tentunya kita tidak ingin itu terjadi.

Sanitasi dan kebersihan kandang patut diperhatikan, usahakan kotoran selalu di keruk dan dibuang jika menggunakan sekam atau pada kandang postal. Amoniak tinggi menyebabkan berbagai macam penyakit masuk.

Suhu awal ayam yang baik berkisar di 34-35 harus terpenuhi untuk mendapatkan berkembangan sel dan pembelahan sel yang baik.

Jika beberapa manajemen cRa ternak ayam potong di atasi tidak terpenuhi dan menyamakan dengan pemeliharaan ayam kampung, maka ayam broiler anda akan seperti ayam kampung yang kurus dan lama pertumbuhannya.

Pemanas Ayam Potong

Ada berbagai macam pemanas pada ayam potong yang ada di kandang peternak mulai dari aceh sampai papua. Selengkapnya tentang jenis pemanas di artikel ini

Mulai dari Kayu Bakar, Arang, Oli Gasolec atau gas adalah beberapa di antaranya yang bisa digunakan sampai ayam berumur dan mencapai bobot 3-4 ons.

Efek dari ayam potong kedinginan dan tidak diberi pemanas, ayam akan kecil dan pertumbuhan cenderung ke dalam bulu. Daging yg harusnya terbentuk untuk di jual akan menjadi bulu karena otak merangsang ayam karena dingin yang diterima oleh tubuh ayam.

Jika ingin beternak pastikan dulu untuk memiliki ilmunya, belajar dari peternak lain dan cari referensi ilmunya. Website ini dikhususkan untuk pembelajaran cara ternak ayam potong atau ayam broiler yang admin susun berdasarkan data pantauan di lapangan dan pengalaman selama ini.

Sehingga peternak akan terus upgrade manajemen dan mendapatkan keuntungan lebih. Insyaallah.

Semoga berguna. Silahkan like dan share.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles