Pada kesempatan kali ini akan membahas secara detail tentang bagaimana merawat kelinci bagi pemula yang berguna untuk kelinci itu sendiri.

Ada 4 tips dan trik dalam cara merawat kelinci serta bagaimana cara menjaga kesehatan kelinci kita, juga penyakit dan cara mengobati penyakit pada kelinci.

Cara Merawat Kelinci

Handling

yang pertama yang harus di lakukan adalah kita melakukan yang namanya handling, untuk kelinci sendiri dilakukan dengan cara menarik bagian dari sisi atas punggungnya seperti kucing.

Hal yang salah yang sering dilakukan adalah menarik telinga kelinci, hal ini berbahaya dikarenakan dapat menyebabkan sakit pada telinga kelinci dan juga di telinga kelinci terdapat berbagai syaraf yang akan memepengaruhi kelinci ini.

Cara yang baik dalam melakukan handling lebih jelas digambarkan di foto di bawah ini.

Dalam posisi ini kelinci akan lebih tenang dan nyaman untuk kelinci ketika kita melakukan handling.

Penyisiran Bulu Kelinci

Cara menyisir kelinci

penyisiran bulu kelinci sangat penting di lakukan agar bulu kelinci tersebut terlihat lebih bersih dan rapi. Biasanya kelinci yang wajib di sisir bulunya adalah kelinci hias diantaranya adalah anggora dan lainnya.

Sisirlah bulu kelinci searah alur dari bulu kelinci tersebut dan arahnya bertujuan agar bulu kelinci terlihat lebih bersih dan rapi.

Pemotongan Kuku Kelinci

Biasanya kuku kelinci yang di potong terdapat hitam pada ujung kukunya. Sebaiknya hindari area atau tidak sampai bagian merah pada kuku tersebut. Hal ini akan berdampak pada pendarahan pada pada kuku kelinci.

Kuku kelinci sebaiknya di potong memasuki umur 3 bulan tetapi disesuaikan dan kuku kelinci itu sendiri, bahkan di umur 4 bulan bisa di potong.

Fungsi memotong kuku kelinci agar ketika kita menggendong kelinci menyakar kita dan berdarah. Kelinci yang sering di potong kukunya tidak akan memanjang terlalu cepat.

Alat yang sisiapkan dalam pemotongan kuku kelinci.

Gunting Kuku Khusus Hewan
  • Gunting kuku khusus hewan bisa di beli di petshop terdekat
  • Tenangkan kelinci agar dia nyaman

Kelinci sendiri memiliki jumlah kuku depan 10 dan di belakang kanan dan kiri total berjumlah 8.

Jika kelinci di tempatkan di kandang yang susah untuk mencakar maka kuku kelinci akan lebih cepat tumbuh.

Cara Perkawinan Kelinci

Kita bisa melihat apakah kilinci usterus atau tidak bisa kita gunakan 3A, abang, abu, anget. Sama seperti halnya pada sapi. Ketika bagian vulva kelinci berwarna merah, berlendir dan bengkak itu adalah ciri umum ketika hewan atau kelinci usterus.

Cara Mengawinkan Kelinci

Caranya adalah dengan memasukkan kelinci betina ke kandang kelinci jantan maka kelinci betina yang usterus akan diam ketika dinaiki.

Ketika proses dimana kelinci jantan menaiki kelinci betina kita bisa melihat parameter mereka melakukan perkawinan selang beberapa saat kemudian kelinci jantan akan jatuh ke belakang dan itu akan menandakan proses perkawinan selesai dilakukan.

Cara Menjaga Kesehatan Kelinci

Menjaga Kebersihan Kandang

Jika kita tidak menjaga secara rutin kebersihan dalam kandang kita maka beberapa penyakit akan datang pada kelinci yang di pelihara, beberapa penyakit yang akan menyerang yaitu

  1. Scabies
  2. Mencret
  3. Kembung

Scabies

Scabies menyerang kelinci pada bagian tertentu, scabies yang menyerang biasanya menginfeksi sekitaran mulut pada kelinci atau sekitar telinga kelinci.

Cara penanganan scabies pada kelinci bisa dengan penyuntikan dengan obat formektin dengan dosis 0,02xbobot badan.

Penyuntikan kelinci Sub utan

Cara penyuntikan di area sub utan kulit. Usahakan tidak mengenai daging kelinci tersebut. Sebisa mungkin mengambil bagian atas dan langsung masukkan jarum suntik selanjutnya kita akan merasakan bunyi klek ketika kita mendorong jarum suntik masuk.

Kembung

Pada kelinci yang terkena penyakit kembung kelinci kita akan lebih riskan terhadap kematian. Pengamatan lebih ke kelinci dan aware ke kelinci akan membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Cara penanganan kelinci yang terkena kembung bisa di berikan ramuan jahe dan di beri gula juga madu. Diberikan secara oral dengan dosis 3 ml per sekali pemberian. Lebih baik di berikan 3x dalam sehari.

Treatment lainnya adalah dengan mengumbar kelinci yang akan membuatnya secara alami mengurangi tekanan kembung atau gas dalam perutnya.

Mencret

Mencret juga penyakit yang berbahaya di karenakan jika kelinci terkena penyakit ini di paginya maka di siang dan malamnya kelinci bisa kehilangan nyawanya jika tidak segera di antisipasi.

Cara penanganan pada kelinci yang terkena mencret bisa di tangani dengan cara pengobatan alami terlebih dahulu yaitu :

  • Daun pisang kering
  • Dicacah dan keringkan untuk mengurangi kadar air
  • Berikan pada kelinci
  • Pakan yang diberikan bisa berupa hijauan, pellet dan konsentrat.

Pakan hijauan bisa berupa legum ataupun rumba dan berapa perbandingan hijauan serta pellet dan hay yang umum digunakan sudah silahkan lihat artikel cara merawat kelinci.

Sekian artikel cara merawat kelinci, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles