Postingan kali ini tentang cara merawat dan agar kelinci sehat setelah di beli, terutama cara merawat kelinci anggora serta cara agar kelinci tetap sehat setelah di beli

Cara Merawat Kelinci Anggora

Kalau mendengar istilah Anggora pasti akan terbayang dengan kucing dengan bulunya yang lebat dan menggemaskan. Kelinci ternyata memiliki jenis anggora, hewan ini berasal dari Angkara Turki. Kelinci anggora memiliki bulu yg lebat dan lembut karena di kembang biakkan secara selektif.

Beberapa cara merawat kelinci anggora :

  • Kita membuat kandang untuk kelinci dengan bahan kayu dan besi serta cara mudahnya bisa membeli di pet shop. Yang perlu di perhatikan adalah ukuran kandang harus 10x lebih besar dari ukuran kelinci karena bisa saja kelinci tumbuh dengan cepat.
  • Jangan lupa menyiapkan makanan dan minuman agar kelinci anggora tidak mengalami kelaparan dan dehidrasi. Rumput jerami atau rumput dengan jenis timoti sangat di sukai kelinci jenis anggora, bisa juga dengan ditambahkan sayuran sejenis wortel, kangkung, jagung dan beberapa jenis sayuran lainnya. Untuk minumannya harus bersih agar kelinci tidak terjangkit penyakit.
  • Tempat kotoran atau kencing
    Dibutuhkan little box untuk menampung kotoran dan kencing kelinci, biasanya kelinci yang sudah terlatih akan buang air di little box. Lengkapi juga dengan jerami kering dan kayu kering yang berfungsi untuk membuat kaki kelinci tetap kering karena akan menyebabkan tumbuh jamur apabila kaki kelinci lembab dan basah.

Kelinci adalah hewan yang suka bersembunyi, membuat labirin dari kardus agar lebih murah hal ini untuk mencegah agar kelinci tidak stress dan membuatnya senang sangat mudah dengan cara melepaskannya dari kandang ke tempat yg lebih luas dengan tujuan agar badan dan kaki kelinci tidak kaku.

Ketika kelinci anda menderita suatu penyakit, segeralah periksa kelinci ke dokter hewan secepat mungkin, dan bisa juga di lakukan perawatan secara rutin.

Jenis kelinci anggora bulu harus di sering di sisir agar halus dan lembut. Kuku pada kelinci juga di potong satu sampai dua bulan sekali. Dan yang terpenting kelinci harus diberi vaksin agar sehat. Satu ekor kelinci bisa melahirkan 5-8 ekor anak kelinci.

Cara Agar Kelinci Tetap Sehat Setelah Di beli

Beberapa pertanyaan yang paling sering muncul adalah hewan peliharaan kelincinya mati 1-2 hari setelah kelinci dibeli. Apa saja yang harus di lakukan supaya kelinci yang kita beli sehat dan umurnya panjang akan kita bahas disini.

Yang perlu diingat kelinci adalah mahluk hidup bukan mainan yang harus di perhatikan kita sebagai yang punya yg dititipkan Allah untuk memeliharanya.

Yang Harus Di Lakukan Agar Kelinci Yang Di Beli Tetap Sehat

  1. Sebelum memelihara hewan apapun, tidak hanya kelinci kita harus mengetahui perilaku-perilaku yang memang di mau oleh kelinci oleh binatang tersebut.
  2. Belilah kelinci di tempat yang terpercaya. Di breeder yang sudah memiliki histori baik.
  3. Setelah datang kerumah, kelinci jangan di kuel-kuel, di pangku, apalagi di berikan pada anak. Karena dalam perjalanan kelinci stress jadi setelah sampai di rumah kelinci lepaskan dl di tempat yg aman dari predator.
  4. Beri pakan di tempat umbaran dan beri minum selama 1-2 jam.
  5. Pakannya diberikan sesuaikan dengan yang diberikan saat pakan diberikan di tempat penjual untuk menyesuaikan terlebih dahulu. Biasanya di breeder yg terpercaya kita diberi tahu pellet jenis apa yg di makankan lalu beli sekilo atau dua kilo.
  6. Lalu di kandangin, makannya di jaga jangan sampai telat.

Satu hari kemudian teman-teman bisa memberikan makanan yg berbeda dengan yg diberikan di breeder sebelumnya dengan metode campur dengan pakan yg di breeder dengan jumlah yg di kurangi.

Sekiranya sudah seminggu, kelinci sudah bisa di pegang-pegang dan di pangku.

Jika membeli kelinci di tempat yang didingin dan di bawa ke tempat yang panas harus di adaptasikan terlebih dahulu. Belilah kelinci yang umurnya di atas dua bulan.

Demikian lah rangkuman dari cara merawat dan agar kelinci sehat setelah di beli, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles