Setiap kali belanja, bumbu dapur menjadi pilihan utama seperti bawang bombai, bawang merah, bawang putih dan cabai. Terkadang suka malas dan membeli dalam jumlah banyak yang jika tidak di simpan dalam jumlah yang tepat masalah lain akan muncul seperti busuk dan uang yang dipakai membelinya menjadi tidak bermanfaat. Berikut ini tips cara menyimpan bawang yang benar.

Cara Menyimpan Bawang Bombai

Cara Menyimpan Bawang Agar Tidak Cepat Busuk

Untuk bawang bombai yang harus di perhatikan pilih bawang yang masih padat dan segar, bawang segar paling baik di simpan di tempat yang sejuk, kering, gelap dan ada angin serta udaranya. Hal ini dikarenakan bawang bombai mudah menyerap air jadi lebih cepat lembab dan gampang busuk.

Wadah yang bisa di pakai seperti kranjang atau tas jinjing dan usahakan jangan menyimpan bawang bombai di tas plasik. Karena tidak ada aliran udara yang menyebabkan bawang bombai berair dan busuk. Kalau bawang bombai sudah di kupas, di cincang dan di potong-potong dadu harus disimpan di wadah kedap udara dan masukkan ke kulkas untuk mencegah dihinggapi bakteri serta jamur. Kalau dengan cara ini bisa tahan 7 hingga 10 hari.

Cara Menyimpan Bawang Merah

Bawang Merah

Seperti bawang bombai pilihlah bawang merah yang padat, segar agar lebih tahan lama lalu simpan di tempat yang sejuk, kering, gelap dan ada aliran udara serta wadah juga tidak menjadi penghambat aliran udara.

Cara Menyimpan Bawang Putih

Bawang Putih

Sama dengan bawang-bawang sebelumnya, pilih yang masih segar, utuh, keras sama yang belum tumbuh tunasnya ini yang paling penting. Simpan di tempat yang sejuk dan kering dan jangan di kulkas karena menjadi lebih mudah rusak akibat menyerap uap air yang menjadikannya berjamur. Hindari juga menyimpan di wadah dan tas plastik agar bawang putih bisa bernafas menjadi lebih awet dan tidak tumbuh tunas.

Penting untuk di ketahui bawang putih disimpan di dalam keadaan utuh karena bisa disimpan sampai 8 minggu. Hindari memisahkan siung-siungnya kalau belum mau di pakai karena umur simpannya menjadi 3-7 hari. Kalau sudah dicincang dan tidak terpakai simpan di wadah kedap udara atau plastik liplock dan masukkan kedalam kulkas. Meskipun segar sebentar tetap aman sampai besok hingga di pakai kembali.

Bawang putih juga baik untuk di keringkan. Potong tipis, panggang diatas suhu 60°C selama kurang lebih 2 jam lalu turunkan ke suhu 55°C simpan di wadah yang rapat dan bisa di pakai dalam bentuk seperti itu atau bisa juga diulek menjadi bumbu.

Membuat Acar Dari Bawang Putih

Rendam bawang putih yang sudah di kupas di toples yang airnya diisi cuka yang sudah ditambahkan gula, garam dan juga herbs. Tutup rapat terus simpan dalam kulkas dan perhatikan jika muncul jamur segera di buang. Hanya bisa dikonsumsi jika air cukanya masih berwarna jernih.

Demikian cara menyimpan bawang yang benar. Terimakasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles