Broiler zaman now punya fungsi genetic yang lebih baik Dari segi pertumbuhan yang lebih cepat Dari broiler pedaging 10 tahun kebelakang. Dikarenakan semakin cepatnya ayam menjadikan pakan jadi daging maka ayam semakin rawan dengan stress berlebih, dari faktor suhu, cuaca, angin, cahaya, oksigen, pakan harus di optimalkan semaksimal mungkin untuk menumbuh kembangkan kemampuan sel-sel ayam broiler modern secara maksimal membelah dan membesar. Cara meningkatkan bobot ayam broiler yang paling efektif adalah memilih pakan kualitas yang bagus, bibit DOC yang bagus, dan Manajemen yang bagus, selebihnya bisa kita support dengan Vitamin dan premix tambahan yang di jual di pasar atau kita bisa membuatnya sendiri. Tentunya jika kita di kemitraan penghematan pakan untuk menjadikan daging seoptimal mungkin akan menambah pendapatan seorang peternak ayam broiler kemitraan.

Cara Meningkatkan Bobot Ayam Broiler Dengan Pemilihan Pakan.

Pakan menjadi salah satu penyumbang jumlah anggaran terbesar dalam beternak ayam broiler, sebanyak 70% biaya di ambil dari pakan. Kualitas pakan bisa di liat dari kadar protein, kalsium, air dan beberapa kandungan lainnya yang terdapat di dalam pakan. Karena pakan di bagi-bagi dalam beberapa jenis oleh pabrik pakan dan disesuaikan dengan kemampuan seseorang dalam membelinya dengan kandungan di dalamnya, maka Manajemen dan bibitnya harus juga di optimalkan dengan baik until mendapatkan bobot ayam yang maksimal dan keuntungan yang lebih.

Cara Meningkatkan Bobot Ayam Broiler Dengan Pemilihan DOC yang baik.

DOC Bibit Muda belum tentu tidak baik, asal tidak omphalitis, kaki kering dan ada bawaan penyakit hatchery seperti colli dan DOC benar dari hatchery maka penggunaan DOC BM bisa mengurangi biaya modal asal karena lebih murah. Sejatinya semakin besar bobot ayam menetas dari telur maka peningkatan bobot ayam akan lebih cepat. Normalnya di minggu asal ayam akan mendapatkan 4,5-4,7 x dari bobot badan awalnya. Hal ini bisa kita dapatkan dengan Manajemen yang baik dan Pakan yang baik. Baca juga Ciri DOC Bagus dan Jelek dan diusahakan untuk segera mencullingnya dari awal sehingga pakan yang dimakan belum terlalu banyak.

Cara Meningkatkan Bobot Ayam Broiler dengan Manajemen Kandang.

Pengoptimalan Manajemen brooding di awal, dan pengoptimalan Oksigen, Suhu, Cahaya, Air dan Pakan menjadi kunci utama manajemen kandang yang di perkuat dengan biosecurity.

  • Pemilihan brooding an bulat atau kotak ( baca artikel selengkapny)
  • Model Tirai Brooding an yang bisa di sesuaikan dengan kondisi iklim dan lapangan ikut menjadi bagian panting dari kebutuhan oksigen yang di dapat. ( baca artikel selengkapnya )
  • Pastikan feed intake atau kebutuhan pakan standard perharinya terpenuhi dan sampel bobot di tiap harinya until terus selalu bisa melihat pergerakan performance. Ketika mengalami penurunan Feed Intake maka kita harus mencari tau apa yang salah dengan management kandang dan langsung memperbaikinya.
  • Pastikan Suhu dalam broodingan sesuai kebutuhan ayam di umurnya.
  • Penjagaan litter dari lembab dan amoniak berlebih.
  • Kepadatan yang terus di jaga pelebarannya.

Cara Meningkatkan Bobot Ayam Broiler Dengan Suplemen Tambahan

Penggunaan Vitamin untuk memacu pertumbuhan, nafsu makan dan suplemen tambahan seperti premix. sejatinya kalau premix tambahan dengan pakan yang kualitas bagus itu tidak terlalu di butuhkan karena kelebihan nutrisi yang masuk ketubuh yang di serap hanya yang sesuai kebutuhannya dan di buang melalui kotoran yang berlebih. Makanya tidak heran jika ayam mencret nantinya. Penggunaan Antikoksi dan bakteri baik tambahan juga bisa Meningkatkan bobot ayam broiler karena membantu prose’s pencernaan dalam usus.

Demikianlah cara meningkatkan bobot ayam broiler dengan mengoptimalkan pakan, bibit ayam, Management, dan penggunaan vitamin Serta suplemen tambahan, semoga bermamfaat.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles