Cara Mengurangi Bau Kotoran Sapi Di Kandang

Beberapa peternakan Sapi menghasilkan limbah kotoran yang membuat efek negatif misalnya bau kotoran itu sendiri yang tidak tertangani dengan baik. Bila tertangani dengan baik maka bau kotoran sapi akan mampu di minimalisir.

Berikut ini kita akan bahas cara mengurangi bau kotoran sapi di kandang, menghilangkan bau kotoran sapi dengan serbuk gergaji dan pemanfaatan kotoran sapi dengan kiat dan rahasia agar kandang tidak bau. Terlebih peternakan yang dekat dengan Masyarakat pastinya akan di protes oleh warna.

Yang perlu di ketahui penyebab bau tidak sedap adalah hasil pencampuran antara kotoran dan urin terutama amoniaknya. Ketika kotoran dan urine terinjak-injak oleh sapi menyebabkan bau lebih.

Untuk memisahkan antara kotoran dan urine kita bisa menggunakan serbuk gergaji pada alas lantai.

 

Menghilangkan Bau Kotoran Sapi dengan Serbuk Gergaji

 

Prinsip awalnya serbuk gergaji akan menyerap air atau urine dan akan menutupi kotoran sapi sehingga tidak tercium bau tidak sedap. Ketika kotoran sudah menyatu dengan serbuk gergaji maka kotoran akan lebih mudah di ambil.

Proses pengambilan kotoran sapi nantinya tidak menggunakan air, untuk proses pembersihannya cukup diangkat kotorannya dan memberikan jadwal pemandian pada sapi. Biasakan untuk dilakukan jadwal pemandian kandang rutin 5 hari sekali karena akan mengurangi tercampurnya air.

Salah seorang peternak sapi yang menggunakan metode ini dengan jumlah populasi ratusan di dekat pemukiman Masyarakat, bersyukur dengan serbuk gergaji sangat mengurangi bau dan tidak ada komplain dari Masyarakat sekitar. Dengan tidak adanya bau, suasana di kandang juga menjadi cukup nyaman.

Sama seperti pada litter ayam broiler yang sebagian masyarakat ada yg menggunakan serbuk gergaji dan juga menggunakan sekam padi. Proses nya juga sama, ketika sudah basah dan lembab kotoran di buang dan di ganti dengan yang baru.

Untuk proses pengambilan kotoran di lakukan pagi dan sore hari. Ketika ada serbuk gergaji yang terkena kotoran dan sudah basah itu baiknya langsung segera di ambik dan yang kering tetap di simpan sampai sore hari. Begitu sebaliknya ketika sore hari, serbuk gergaji yg sudah basah di angkat kembali.

 

Pemanfaatan Kotoran Sapi

 

Untuk kotoran sapinya sendiri bisa di manfaatkan untuk biogas dan pakan budidaya cacing, sehingga memaksimalkan dan mengurangi limbah. Penggunaan biogas bisa menggunakan reaktor biogas yang bisa mengganti gas yang di jual pemerintah untuk menyalakan kompor untuk memasakan kebutuhan sehari-hari.

Pemanfaatan lainnya adalah digunakan untuk pupuk pada lahan pertanian.

Bau itu sendiri adalah hasil sisa-sisa protein yang terbuang melalui kotoran hewan ternak. Di kandang ayam yg pakannya protein pabrikan yang secara umum tinggi memiliki bau yang lebih menyengat dari kotoran sapi.

Terlebih di tambah sisa-sisa pakan yang jatuh dan bercampur pada kotoran ternak.

 

Cara Mengurangi Bau Kotoran Sapi di Kandang

 

Di kandang sapi mengatasi baunya lebih mudah ketimbang mengurangi dan mengatasi bau kotoran ayam, yang perlu di lakukan untuk mengurangi bau pada kandang sapi antara lain

Memberikan pakan dengan sistem fermentasi

Ini akan sangat jauh mereduksi bau, dikarenakan kotoran yang keluar adalah sisa ampas dan protein terserap di pencernaan sapi. Sehingga kotoran yang keluar pun memiliki aroma seperti fermentasi yaitu asam.

Memberikan air minum di campur pribiotik dan molases

Ini juga akan mereduksi kotoran sapi yg keluar. Sehingga kotoran dan bau akan menjadi berkurang. Probiotik dibahas detail di artikel ini.

Proses pemberian probiotik di kotoran sapi
Banyak produk-produk yang di jual dipasaran adalah produk nitrobakter yang mengurai kotoran-kotoran sehingga meruduksi bau amoniak dan menguap di udara sehingga tidak bau.

Menjaga kebersihan kandang

Kandang selalu dalam kondisi bersih dan kering akan sangat mengurangi potensi bau yang ada. Pembersihan kandang di lakukan sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari.

Sekian artikel cara mengurangi bau kotoran sapi di kandang, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles