Kali ini akan membahas cara mengolah tofu serta pengertian dan manfaat tofu. Tahu memang bahasa inggrisnya adalah tofu tetapi di Indonesia tofu adalah jenis tahu yang berbeda yaitu lebih lembut dan putih berbeda dengan tahu yang lain berwarna kuning dan sedikit keras ketika di goreng. Berikut penjelasannya.

Pengertian Tofu

Cara Mengolah Tofu Serta Pengertian dan Manfaat Tofu

Tofu adalah bahasa inggris dari tahu dimana di Indonesia istilah tofu bergeser sebagai nama untuk menyebutkan tahu bertekstur super lembut. Perbedaan tekstur yang cukup jauh ini berasal dari kandungan air di antara kedua bahan makanan tersebut. Tofu memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Itulah kenapa tofu bertekstur sangat licin dan lembut. Adonan tofu langsung di tempatkan di plastik tebal. Biasanya berbentuk tabung tanpa dikurangi kandungan airnya. Plastik tebal ini memiliki kegunaan selain untuk mengemas tofu juga untuk menjaga kandungan air agar tidak menguap atau keluar dari tahu.

Perbedaan Tofu Dengan Tahu Biasa

Tahu biasa biasanya memiliki tekstur yang lebih padat karena kandungan airnya yang telah di kurangi. Dalam pembuatannya adonan tahu di letakkan di dalam wadah kemudian di tekan dengan pemberat agar kandungan airnya turun dan keluar. Akibat perbedaan teksur dan kelembapan, tofu dan tahu biasanya menjadi beda karakter. Tofu cenderung mudah hancur sedangkan tahu lebih kuat. Jadi untuk di masak pun harus di bedakan, kalau tahu bisa langsung di potong-potong sedangkan tofu bisa dengan cara di potong di bagian tengah menjadi dua bagian.

Karena kandungan air tofu cukup tinggi tidak heran ketika kita pegang menjadi licin, buat ibu-ibu yang senang masak dan mengolah tofu memiliki kendala karena sebelum diolah tofu sudah hancur. Berikut tips mengolahnya.

Cara Mengolah Tofu Agar Tidak Hancur

Karena tekstur tofu yang sangat lembut seringkali jadi hancur saat dikeluarkan dari bungkusnya. Yang bisa dilakukan agar tofu tetap terjaga bentuknya sebelum di masak :

  1. Sebelum dikeluarkan dari bungkusnya tofu sebaiknya di rendam di air hangat selama beberapa menit.
  2. Potong plastik bungkus tofu mulai dari bagian tengahnya agar tofu tidak mudah hancur.
  3. Setelah itu dorong tofu dari ujung platik secara perlahan untuk mengeluarkan tofu dari pembungkusnya.
  4. Setelah dikeluarkan potong dengan hati-hati dan gunakan pisau yang tajam, pisau yang tumpul dapat merusak tofu.
  5. Agar tofu tidak hancur ketika di masak, campurkan tofu dengan campuran tepung maizena dan garam. Tepung maizena tidak hanya berfungsi memberikan tekstur renyah pada tofu tapi juga bisa sebagai lapisan untuk melindungi tofu selama proses dimasak.
  6. Setelah dibaluri tepung maizena dan garam goreng di dalam minyak yang banyak hingga terendam sempurna dalam proses penggorengan.
  7. Goreng tofu sampai mengapung dan satu sisinya menguning, setelah itu balik tofu untuk mematangkan sisi lainnya. Tidak perlu sering membalik untuk menjaga bentuknya.
  8. Proses penggorengan sebaiknya di lakukan sebelum tofu di olah lebih lanjut dalam resep apapun sehingga bentuk tofu dalam hidangan tetap terjaga.

Cara Mengolah Tofu Menjadi Makanan

Tofu cocok diolah beef pried, sapo, rebus-rebusan dan di masukkan ke dalam shabu-shabu juga bagus. Olahan lain dengan menghancurkan tahu lalu di campur udang, daging sapi, ayam dan untuk memadatkannya dimasukkan tepung roti dan telur lalu di goreng. Juga bisa digoreng langsung seperti tahu biasa.

Kandungan Nutrisi Tofu

  • Tofu mempunyai kandungan kalsium yang tinggi jadi efektif untuk mencegah osteoporosis.
  • Serta kandungan kalium yang tinggi cukup baik untuk menurunkan resiko batu ginjal.
  • Kadar lemak dalam tofu yang tidak jenuh membantu mengurangi kadar kolesterol.
  • Memberi kontribusi kandungan zat besi, fosfor dan kalsium.
  • Mencegah dan mengobati anemia.
  • Baik untuk pencernaan.
  • Asupan kalori dari tofu cukup rendah lebih rendah daripada keju.
  • Cocok di konsumsi bagi yang sedang diet.

Demikian cara mengolah tofu serta pengertian dan manfaat tofu, semoga bermanfaat.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles