Ayam Snot atau biasa di katakan kepala bengkak terjadi karena infeksi Bakteri pada umumnya bersifat menular dan rasio penularannya termasuk cepat dengan tingkat kematian yang lumayan tinggi jika tidak segera di obati. Kehilangannya kemampuan melihat menyebabkan ayam tidak bisa makan dan minum yang selanjutnya menurunkan daya tahan tubuh dan biasanya Snot masuk bersama CRD, atau Cekrek atau ngorok seperti yang kita bahas tentang Cara Mengobati Ayam Ngorok Cara Mengobati Ayam Ngorok. Cara mengobati ayam snot menggunakan antibiotik tetap akan bekerja lebih efektif jika dibarengi dengan biosecurity biosecurity dan manajemen kandang yang baik.

Cara Mengobati Ayam Snot

Ada beberapa point-point di antaranya

  1. Karena di kandang ayam broiler yang populasi lumayan banyak kita harus lebih jeli memperhatikan ayam yang terkena snot, biasanya lemas dan berdiri di tempat yang sama dalam jangka waktu yg lebih lama dari ayam lainnya.
  2. Perhatikan pelebaran dalam kandang, jngn sampai over karena bisa memperparah penyakit ini.
  3. Pisahkan ayam yang snot td ke sekatan atau kandang khusus kemudian semprot kandang dan ayamnya lebih dirutinkan misalnya menjadi 3x sehari dengan desinfektan.
  4. Membersihkan mata yang terkena snot kiri dan kanan dengan cairan desinfektan terbukti mempercepat penyembuhan dalam cara mengobati snot.
  5. Atur sirkulasi dan angin, usahakan angin tetap mengalir dalam kandang terutama di ayam broiler bisa menggunakan kipas atau blower
  6. Perhatikan kadar amoniak dalam kandang, jngn sampai di level yang parah. Segera keluarkan atau ganti litter sekam secara rutin.

Cara Mengobati Ayam Snot dengan Antibiotik

Kandungan obat tylosin, Enrofloxacin, Amoxicilin, Doxycycline bisa menjadi penyembuh untuk penyakit ini, tetap admin ingatkan penggunaan antibiotic akan tetap optimal jika management kandang Dan biosecurity di jalankan.


Terdapatnya gel atau cairan yang sudah mengental dan berbau sebagai salah satu tanda utama dari penyakit ini. Penyakit snot di sebabkan oleh bakteri gram (-) Avibacterium Haemophilus. Gambar di atas adalah gambar ayam normal yang memiliki selaput mata normal tidak radang dan pengkejuan di mata. Jika dibuka maka pengkejuan yang bau akan terdapat di mata ayam snot yang dibedah.

Semoga artikel cara mengobati ayam snot ini bermamfaat, silahkan share me teman-teman yang lainnya.

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles