Ayam ngorok yang disebabkan oleh bakteri berbeda dengan ngorok yg di sebabkan panas yang hanya terjadi di siang hari atau karena kekurangan oksigen seperti yang pernah di bahas di artikel Penyebab ayam panting dan cara mengatasinya. Cara mengobati ayam ngorok yang akan kita bahas kali ini yang disebabkan oleh Mycoplasma. Ayam ngorok atau cekrek, atau CRD di akibatkan oleh gangguan Mycoplasma yang menyerang pernafasan. Di ayam yang parah ngoroknya disebabkan sampai adanya pengkejuan di trakea ayam yang makin membuat sulit untuk di obatinya.

Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Biosecurity Kandang

Pentingnya biosecurity yang baik bisa meminimalisir penyebaran bakteri, Mycoplasma, Virus dan penyakit ini, karena minum di tempat yang sama dan berada di ruangan yang sama mau tidak mau kita harus menjaga kebersihan dan biosecurity yang baik. Baca lebih lanjut tentang pentingnya biosecurity disini

Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Manajemen Kandang

Perhatikan tingkat Amoniak di kandang, hal yang utama penyebab ngorok adalah udara yang tercemar terutama amoniak. Amoniak akan merusak bulu getar yang terdapat di hidung yang kemudian penyakit yang biasanya tersaring di bulu getar kini bebas masuk ke dalam tubuh ayam. Hal ini di tandai dengan memerahnya trakea jika di bedah, lalu kalau memperhatikan faktor fisik di hidung berdapat cairan yang keluar secara kontiniu dibarengan dengan ngoroknya. Perhatikan juga kepadatan dalam kandang. Jika kandang anda termasuk ke jenis panggung yang jarak lantai bawah dengan tanah cukup dekat maka usahakan untuk mengeruk nya seminggu minimal sekali. Jika kandang postal maka usahakan sekam jngn sampai basah dan berbau, tabur rutin dan keruk juga bisa menjadi solusinya.

Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan pemberian Antibiotik

Penggunaan Antibiotik hanya untuk mengobati bukan berarti kita harus bergantung pada obat, tanpa di dukung oleh manajemen yang baik, biosecurity seperti yang disinggung di atas maka penggunaan antibiotik akan menjadi sia-sia dan menyebabkan resisten. Adapun Antibiotik yang bisa kita gunakan Golongan Enrofloxacine, Oxytetracycline, Doxycycline, dan bijaklah dalam penggunaannya Antibiotik karena pemerintah kita sangat memperhatikan penggunaan antibiotik yang berdampak pada resisten manusia hal ini dapat diliat dengan dihilangkannya AGP beberapa tahun belakangan.

Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Herbal

Tanaman Daun sirih, Bawang putih, bisa menjadi alternatif untuk mengobati penyakit ini. Karena ini herbal maka proses penyembuhnnya tentunya butuh waktu yang lebih lama dibandingkan dengan memakai obat kimia.

Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Mencegah Siklus Pengulangan

Jika sebelumnya di kandang sudah terdapat riwayat periode sebelumnya atau ayam sebelumnya pernah menderita sakit ngorok ini maka tarik mundur 4-5 hari dari sebelum air terkena di periode sebelumnya. Lalu masukkan Antibiotik dan herbal untuk pencegahannya.

Berikut di bawah ini gambar Trakea yang bersih sehingga bisa menjadikan patokan apakah ayam kita sakit ngorok, CRD, Cekres atau hanya karena Panas.

Adapun ciri-cirinya yaitu,

  • Trakea Bersih, tidak terdapat peradangan kemerahan. Semakin merah radang di trakea maka semakin parah penyakit ngorok ini.
  • Kematian dan nafsu makan ayam normal.
  • Tidak terdengarnya suara cekres atau flu kecil yang ini awal dari ngorok jika tidak ada pengobatanya.

Jika salah satu di atas di dapatkan maka cara mengobati ayam ngorok berhasil.

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles