Bismillah

Ayam lumpuh kaki biasanya mempunyai dampak kepada ferpormance dan feed intake yang menurun hingga menyebabkan kematian. Ayam lumpuh biasanya kebanyakan terjadi di saat umur-umur 21 hari atau setelah turun sekam. Cara mengobati ayam lumpuh di bagi menjadi beberapa macam seperti, faktor-faktor penyebab ayam lumpuh, cara mengobatinya menggunakan Antibiotik.

Faktor Penyebab Ayam Lumpuh

Jika ayam lumpuh disebabkan oleh manajemen yang kurang baik maka lumpuh bisa di atasi kedepannya dengan mencegahnya.

Cara Mengobati Ayam Lumpuh Karena kurangnya ataupun menurunnya kualitas Pakan.

Hal ini bisa kemungkinan Ayam kekurangan zat besi dan kalsium yang membantu pembentukan tulang sehingga cara mengobati ayam lumpuh dengan penambahan suplemen tambahan, bisa seperti tepung tulang atau susu bubuk.

Karena slat antar sekatan yang terlalu besar. Biasanya setelah turun sekam hal ini mulai banyak terasa, feed intake atau makannya tambah mulai turun dengan sulitnya dan malesnya ayam berjalan. Jika di lihat nantinya kaki ayam akan mudah terperosok di antara sekatan bambu lalu ketika akan berjalan lagi kaki ayam tersangkut dan menyebabkn memar merah dan jika tidak di atasin lama-kelamaan nantinya akan menjadikan ayam lumpuh.

Penggunaan jaring kandang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Penurunan sekam di bobot 600-700 gr juga bisa mengatasinya. Karena di bobot ini idealnya sekam di turunkan karena sudah ada pondasi kuat di kaki dan badan ayam yg stress terkena angin langsung dan kedinginan

Pada ayam peliharaan yang di kurung biasanya sangkar diletakkan di luar rumah yang menyebabkan ayam kedinginan, males makan dan kekrungan sumber kalsium, lalu kurungan bambunya terlalu kecil bisa ditinggikan.

Cara Mengobati Ayam Lumpuh akibat bakteri

Lumpuh atau radang sendi ayam yang di sebabkan oleh bakteri yang biasanya menyerang yaitu bakteri Staphylococcus aureusMycoplasma synoviae dan Salmonella pullorum. Jika bagian yang bengkak di bedah krim yang berwarna kuning. Di penyakit pullorum di tandai dengan berak putih.

Pengobatannya bisa menggunakan Antibiotik, Tertacycline, Enrofloxacine, Sulfadiazine + trimetrophim. Dan bijak lah menggunakan antibiotik karena bisa menyebabkan resisten.

Semoga bermamfaat.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles