Cara Mengatasi Resistensi Antibiotik

Antibiotik di kalangan peternakan tergolong dalam penggunaan yang di atas batas wajar. Oleh karenanya pemerintah pada tahun-tahun kebelakangan tepatnya awal 2018 mulai membatasi penggunaan antibiotik di pakan ayam atau yang lebih dikenal dengan free Agp atau antibiotik growth promoter. Dikarenakan di dunia kesehatan manusia mulai resisten dengan antibiotik padahal jarang mengkonsumsi antibiotik. Hal ini di ketahui bahwa penyebab salah satunya adalah daging ayam dan telur yang semasa pemeliharaan nya mengkonsumsi antibiotik dengan tanpa takaran dan berlebihan.

Kali ini kita akan bahas cara mengatasi resistensi antibiotik di dunia peternakan dan bahaya resistensi antibiotik.

Bahaya Resistensi Antibiotik

Ketika suatu penyakit sudah resistensi terhadap suatu antibiotik maka penyembuhan akan susah di obati dan penyakit akan menjadi kebal terhadap jenis antibiotik ini. Adapun bahaya lainnya yaitu

  • Penyakit akan susah di obati, karena kita akan mencari antibiotik golongan lain dan jenis lain untuk mengobati penyakit yg sama
  • Cost biaya berlebih, karena sebelum resistensi kita tidak mengetahui maka kita akan membeli obat jenis yg sama dalam jumlah banyak dan ketika sudah resistensi obat menjadi tidak berguna dan terbuang.
  • Penyembuhan penyakit akan berjalan dengan lama, perlunya sanitasi yang bersih dan lingkungan yang sehat serta makanan dan minuman yang membantu antibodi untuk melawan penyakit.
  • Tingkat kematian tinggi menjadi salah satu yang di takutkan, penyakit yang resistensi terhadap antibiotik di tambah dengan menurunnya antibodi tubuh menjadi penyebab angka kematian tinggi.

Cara Mengatasi Resistensi Antibiotik

Beberapa hal di bawah ini membantu kita untuk mencegah resistensi antibiotik,

  1. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menghabiskan antibiotik sesuai lamanya prosedur obat tersebut atau dokter yang memberikannya.
  2. Sesuaikan dosis yang masuk dengan standar yang di berikan dokter atau petunjuk pemakaian.
  3. Jangan berikan obat antibiotik yang kandungan nya sama berturut-turut dengan interval waktu yg dekat.
  4. Penggunaan obat herbal sebagai alternatif obat kimia.
  5. Jaga kebersihan lingkungan dengan sanitasi dan desinfeksi dan makanan yg baik akan membantu antibodi melawan penyakit yg masuk sehingga penggunaan antibiotik bisa di minimalisir.

Yuk, lebih bijak dalam penggunaan antibiotik dan buat ayam sehat bukan hanya untuk ayamnya tetapi untuk yg mungkonsumsinya.

Semoga artikel cara mengatasi resistensi antibiotik ini berguna.

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles