Penyakit colli adalah salah satu yang paling sering di temukan di peternak Indonesia. Colli disebabkan oleh bakteri Escherichia coli yang termasuk ke gram negatif. Dalam cara mencegah dan mengobati penyakit colli lebih baik kita mencegah penyakit colli karena akan sangat susah mengobati colli yang sudah parah apalagi ketika di bedah terdapat pengkejuan di hati dan jantung ayam. Pada dasarnya bakteri Escherichia colli sudah ada pada tubuh ayam hanya saja jumlahnya yang berlebih dan tidak terkontrol akan menjadi bakteri yang bersifat merugikan. Ciri-ciri ayam yang sudah terserang penyakit colli di kandang mengalami kematian yang tinggi, nafsu makan menurun, dan pertumbuhan yang tidak maksimal, dubur sering basah, dan bulu kotor dan untuk lebih memastikan bedah dan apabila terdapat pengkejuan maka colli sudah pasti masuk.

Mencegah Penyakit Colli

Colli yang sudah parah pada anak ayam bawaan hatchery biasanya akan mati dalam 2-3 hari ketika di kandang, dan akan menghambat performance untuk yang masih hidup dengan colli bawaan hatchery. hal-hal awal yng biasa di lakukan adalah melihat fisik DOC, segera culling yang kaki kering dan pusar yang omphalitis, ayam lemas dan tidak bernafsu makan, dubur basah. Adapun cara mencegah colli yaitu:

    1. Gunakan Air Masak di awal DOC datang, hal ini biasanya akan mengatasi colli karena bakterinya akan mati ketika kita panaskan di titik didih 100°C. Bagi yang memiliki kadar air yang punya bibit colli tinggi hal ini bisa di lakukan, biasanya sumber air sumur terlalu dangkal dan dekat dengan septi tank atau tidak disanitasi.
    2. Hindari dari sekam yang sampai lembab dan basah, atur buka tutup tirai di kandang, dan jangan telat pelebaran, karena bakteri ini bisa di tularkan melalui udara yang kotor, dan kotoran yang menumpuk di sekam yang sudah terinfeksi dengan colli akan bercampur dan pakan juga air di kandang akan terkontaminasi. Hal ini di sebabkan karena ayam makan dan minum di tempat yang sama dan apabila ketinggian tempat minum dan pakan tidak di sesuaikan maka kotoran akan masuk ke tempat minum dan pakan dengan mudahnya. Silahkan liat artikel sebelumnya mengenai ketinggian ideal tempat minum
    3. Menggunakan Clorin untuk menstreliskan air dari penyakit colli ini. Hf dan clorin pernah admin bahas di artikel ini, 
    4. Gunakan antibiotik atau obatnya secara berkala bukan untuk mengobati tetapi untuk mencegah, hal ini pastinya akan menambah cost dari modal pemeliharaan.
    5. Sanitasi dan desinfeksi kandang yang berkaitan dngan biosecuriti dapat menghambat dan mematikan laju bakter colli udara dalam kandang, minum dan pakan yang sudah tercemar E.Colli. Pentingnya biosecuriti juga bisa di liat di artikel ini

Mengobati Penyakit Colli

Penyakit ini sendiri seringnya diikuti dengan beberapa macam penyakit lainnya, seperti CRD, Koksidiosis. Gejalanya sendiri barunakan terlihat ketika sudah berlangsung lama dan sudah parah. Pengobatannya adalah memakai antibiotik yang tingkatannya atau dosisnya di atas dari obat colli yang sudah diberikan untuk pencegahan karena di khawatirkan sudah adanya resisten di obatnya.

  1. Menggunakan Herbal, Buah Mengkudu selain bagus untuk tubuh Manusia, buah ini terbukti memiliki sifat antibakteri terhadap E.Colli.
  2. Menggunakan Antibiotik dengan kandungan Sulfonamide,  Amoxycilin, Trimethoprim bisa membunuh penyakit colli ini. Dan ingat gunakan sesuai dosis dan jngn dipakai dengan kandungan yang sama berulangkali akan menyebabkan Resisten.

Itu adalah artikel cara mencegah dan mengobati penyakit colli. Dan sekali lagi admin ingatkan colli yang sudah parah akan sangat sulit untuk di obati. Jadi cegahlah sedini mungkin untuk performance yang lebih baik.

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles