Pada bagian ini kita akan bahas mengenai cara menangani bulu kelinci yang rontok di karenakan proses molting dan cara menangani bulu kelinci yang rontok sebagian.

Cara Menangani Bulu Kelinci Yang Rontok

Rontok atau istilah lainnya molting adalah salah satu siklus hidup kelinci kalau di ular ganti kulit dan reptil kebanyakan. Rentang waktu dan siklus waktunya 3-4 bulan sekali akan berganti bulu dan bulu rontok.

Di kelinci yang mempunyai rambut panjang seperti Anggora harus ekstra sabar dengan tidak molting saja bulu sudah rontok.

Yang perlu diingat molting tidak bisa kita paksa, molting berlangsung secara alami.

Supaya molting berlangsung optimal ikuti cara berikut ini yang pertama disiapkan adalah :

Sisir

Yang berfungsi untuk menyisir rambut, sisirlah rambut kelinci searah dan sebaliknya. Agar bulu-bulu molting ikut terangkat secara cepat. Ini bisa dilakukan setiap hari selama 1 minggu, agar bulu-bulu yang tua cepat berterbangan.

Bedak bayi

Bedak bayi berguna untuk memperhalus bulu dan agar wangi. Bedak bayi bisa diberikan dalam rentang waktu 2 minggu sekali.

Makanan

Makanan yang tepat dapat membantu proses molting. Salah satu makanan yang dapat mempercepat poses molting bisa dengan memberikan seledri.

Seledri mengandung zat yang mempercepat proses pertumbuhan bulu. Tiap hari bisa diberikan tetapi hanya menjadi cemilan dan tidak menggantikan makanan pokok. Bisa diberikan dalam kondisi segar dan kering.

Vitamin

Vitamin juga bisa mensupport dan membantu. Adapun vitamin yg di berikan seperti sanrop atau biobig yang menambah nutrisi bagi kelinci kita.

Itu beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mempercepat proses molting yang secara alami terjadi.

Cara Mengobati Bulu Kelinci Rontok Sebagian

Yang habis bisa dibeberapa bagian, terutama di bagian ekor. Yang baiknya apabila ekor yg rontok hendaknya di cukur semua. Atau bisa di suntik formektin 0,2 ml dengan menyuntik nya per tiga hari selama 3 kali.

Bulu tumbuhnya tidak akan cepat. Di 3 minggu rata-rata bulu akan tumbuh.
Formektin tidak terlalu perlu jika teman-teman ragu dan tidak bisa menyuntik bisa memberikan kepromec oral bisa di beli secara online.

Penggunaannya bisa di teteskan. Kendala menggunakan kepromec oral digunakan seminggu berturut-turut, jika hanya diberikan 2-3 hari maka tidak akan maksimal terlebih bisa menjadi lebih parah bulu yg rontoknya.

Bulu rontok sebagian pada kelinci diagnosis lebih mengarah ke scabies meskipun gejala lainnya tidak muncul tetapi sudah ada bibit-bibit scabies pada kelinci anda.

Sekian cara cara menangani bulu kelinci yang rontok, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles