Cara Menanam dan Merawat Janda Merana

Tanaman hias kali ini kita akan membahas tanaman janda merana, tanaman yang memiliki nama lain lee kwan yew ini banyak kita jumpai di hotel-hotel, rumah, baik sebagai tirai alami yg mengurangi cahaya masuk ke dalam rumah juga memperindah lingkungan.

Sebelum masuk ke cara menanam dan merawat jandan merana, pertama-tama dalam pengembakbiakan tanaman janda merana perlu di memilih bibit batang dari beberapa kriteria di bawah ini yaitu yang sudah tua menjuntai hingga menyentuh tanah, bagian atas dari percabangan tanaman yg pernah di potong, batang tua lee kwan yew yang daunnya sudah rontok yg biasanya ada di bagian belakang.

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Janda Merana

Yang pertama adalah persiapan alat dan bahan seperti :

  • Gunting dan bisa juga pisau
  • Beberapa tanaman yg memenuhi kriteria dari bibit yg telah di jelaskan di awal.
  • Wadah air botol mineral kemasan sedang.
  • Media tanam, sekam bakar, tanah dan pupuk kandang.

Cara Penanaman Janda Merana

  1. Pilih batang yang ukurannya besar.
  2. Pangkas batang besar ini sepangjang 30 cm.
  3. Setelah di pilih dan di potong berikutnya memasukkan batang ke dalam bak yg berisi air.
  4. Rendam selama 2 hari agar akarnya tumbuh.
  5. Setelah di rendam dan mulai tumbuh akar bisa langsung ditanam kedalam wadah botol mineral.
  6. Potong bagian atas wadah dan lubangi bagian bawah.
  7. Masukkan media tanam ke dalam wadah dan pilih 5-8 batang di dalam 1 wadah. Agar ketika tidak semua batang tumbuh ada pengganti.

Setelah batang di tanam dalam botol mineral kemudian letakkan di tempat yang teduh selama 2 minggu dan jika permukaan tanah sudah mulai mengering harus segera disiram dikarenakan bibit lee kwan yew ini membutuhkan air tetapi tidak boleh terlalu banyak. Setelah 2 minggu letakkan di luar ruang agar terkena sinar matahari secara langsung.

Jika sudah letakkan tanaman di lokasi yg teduh dan sedikit terlindungi dari cahaya matahari.

Cara Merawat Janda Merana

Janda merawa atau lee kwan yew yang tidak mendapatkan perawatan akan terlihat kurus, kering dan warna daun cenderung kuning serta kecil. Janda merana yg baik ditandai dengan daunnya yg hijau, lebat serta besar.

Langkah pertama bisa dilakukan dengan sering mencabut rumput liar yang ada pada pot, pot besar yg akarnya sudah penuh dan saling mengait harus di pisahkan rumpun satu dengan rumpun yg lain bisa dengan cara memotong dan membongkarnya di pinggir pot dan jauhkan dari memotong tengahnya agar tanaman tidak stress waktu pemindahan.

Potong akar yg sudah menyatu dengan media tanam sekitar separuh bagian dan masukkan media tanam yang baru dan beri jarak antar rumpun tanaman sekitar 20-30 cm.

Selamat mencoba dan sekian artikel cara menanam dan merawat janda merana. Sampai jumpa dan terimakasih.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles