Setelah sebelumnya kita membahas tentang penyebab kelinci tidak mau makan, postingan kali ini akan membahas cara menambah nafsu makan kelinci yang makannya tidak seperti biasa.

Kelinci yang kurang nafsu makan padahal tidak hamil dan juga sehat tidak kurus dan tidak ada scabies, bisa di pastikan selera makan kelinci sedang berkurang.

Cara Menambah Nafsu Makan Kelinci

 

Selain memakai biobig seminggu dua kali dirasakan masih kurang kita bisa memberikan suplemen tambahan lainnya. Suplemen mingguan lainnya curcuma plus emultion adalah dengan treatment 3 hari berturut-turut. Yang biasa digunakan untuk anak-anak.

Cara memakainya

  1. Diberikan dosis 1-2 ml tergantung dari kelincinya. Dengan nafsu makan bagus diberikan 1 ml. Jika nafsu makan kelinci kurang bisa diberikan 2 ml selama 3 hari.
  2. Pemberiannya di ambil melalui spet atau bisa sendok lalu di minumkan langsung ke kelinci tersebut. Rasanya yang manis kelinci akan menyukainya.
  3. Jika tidak mau bisa sedikit di paksa dengan membuka mulutnya lalu memasukkannya dan meminumkannya. Jika pakai spet maka akan lebih mudah dalam mengontrol jumlah dan pemberiannya.
  4. Bisa diliat dalam 3 hari kedepan apakah ada kenaikan atau penurunan dalam nafsu makannya. Jika tidak sakit maka nafsu makannya akan meningkat.

Di kelinci yang sedang hamil amannya ini tidak di berikan.

Makanan Untuk Kelinci

Pastikan juga makanan yang diberikan kepada kelinci sesuai dengan porsinya. Kita juga akan bahas manajemen pakan pada kelinci yang baik dan benar, takaran Pellet dan takaran Hay yang baik.

Berdasarkan makanan dari kelinci hias, di bagi menjadi pellet dan hay yaitu makanan rumput kering. Kelinci adalah hewan pengerat herbivora. Makanan yang tersedia di pasaran seperti pellet dan sayur-sayuran bisa digunakan. Tetapi makanan utamanya yaitu rumput kering atau hay.

Takaran Hay untuk Kelinci

Hay di bagi menjadi 80%, pellet 15%, dan sayuran serta buah-buahan 5% yang diberikan kelinci, jngn diberikan kangkung, wortel bisa diberikan.

Takaran Pellet untuk Kelinci

Pemberian pellet untuk kelinci dibagi kedalam 3 yaitu :

  • Small Breed 35-60 gr
  • Medium Breed 60-120 gr
  • Large Breed 120-180 gr / hari.

Pemberian Hay 80% harus selalu ada di kandang dengan minum. Sayuran dan buah-buah hanya 5% dengan contoh diberikan seminggu sekali.

Contoh sayur yang di perbolehkan adalah yang tidak mengandung zat besi dan gas. Kangkung dan Bayam adalah contoh sayur yg tidak boleh di berikan.

Perbedaan kelinci hias dan pedaging dalam pemberian pakannya juga berbeda. Karena di dalan pedaging kita menginginkan daging.
Kebanyakan pellet akan menyebabkan lemak berlebih di dalam tubuh kelinci yang tidak baik untuk kelinci hias.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles