Cara Membuat Pupuk Organik Cair

Kali ini kita akan membahas hasil olahan yang bisa kita dapatkan dari kotoran ayam, kita akan mengubahnya menjadi pupuk organik cair. Yang umumnya pupuk ini lebih mudah diserap oleh tanaman.

Dalam dunia pertanian peran pupuk sangat penting baik untuk menjaga nutrisi tanah yang akan menjadi sumber makanan bagi tanaman yg akan di tanam, juga mempercepat dan memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan itu sendiri.

Pupuk kimia dan pupuk organik adalah dua jenis pupuk yg beredar dilapangan, pupuk kimia memang memberikan hasil yg cepat tetapi memiliki kerugian buruk untuk tanah jika digunakan dalam waktu yg lama.

Begitu pula pupuk organik, lama untuk diserap oleh tumbuhan. Umumnya dan baiknya pupuk organik dan pupuk kimia berjalan bersamaan dalam pengaplikasiannya. Hanya tinggal menghitung kebutuhan unsur hara nya saja untuk saling melengkapi.

Dewasa kita peternak membuat sebuah pupuk organik cair, yang lebih cepat diserap oleh tanaman ketimbang dari pupuk kompos yang umumnya penggunaannya adalah melalui media tanam.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair

Bisa dengan dua cara, cara pertama adalah,

Pupuk kompos atau pupuk hayati yang sudah jadi dibuat sebelumnya di campur dengan sedikit air lalu lalu inilah nantinya yang akan digunakan menjadi pupuk cair. Tetapi kita tidak membahas yg ini dikarenakan pupuk ini tidak bisa bertahan lama.

Cara membuat pupuk organik cair dengan kondisi anaerob

Inilah yang akan kita bahas, karena kondisi anaerob pupuk ini bisa digunakan lebih lama, hal-hal yang harus di persiapkan adalah

Kotoran Ayam

  • Sekarung kotoran Kotoran Ayam/Domba/Sapi, meskipun tanpa ini juga bisa akan tetapi ini akan menambah jumlah unsur hara yang akan kita dapat.
  • Bahan-bahan hijauan yang sudah tidak terpakai, seperti batang pisang, dedaunan, limbah sayuran dan limbah buah-buah juga bisa kita gunakan sebagai bahan tambahannya
  • Em4 sebagai bioaktivator
  • Gula Merah
  • Air bersih
  • Dan tong drum untuk wadah nya.
  • Selang +- 1 meter yang putih transparan.
  • Botol sebagai wadah pupuk organik.

Setelah bahan-bahan yang disebutkan di atas siap, maka selanjutnya kita akan proses untuk membentuk pupuk organik cair

  1. Potong kecil-kecil dari bahan-bahan hijauan serta limbah sayuran dan buah-buahan yang tidak terpakai tadi di campurkan bersamaan dengan kotoran Ayam/Sapi/Domba
  2. Siapkan air dengan perbandingan 1 bagian air untuk 2 bagian bahan organik. Diaduk sampai terlihat rata lalu masukkan kedalam wadah tong drum td.
  3. Siapkan air bersih sebanyak lebih kurang 5 liter yang kemudian dicampur dengan gula jawa atau gula merah dan bioaktovator Em4. Lalu aduk ratakan kembali.
  4. Tutup rapat tong drum dengan menyisakan selang yang terhubung dengan botol yang sudah diisi air sebelumnya. Karena kondisi nya tanpa udara pastikan untuk tidak membukanya, sebelum 8-10 harian. Tidak perlu takut akan meledak karena selang ini nantinya akan menjaga suhu dalan drum dan membuang gas hasil dari pembuatan pupuk ini.
  5. Setelah umur hari yg ditentukan tercapai, buka tutupnya dan cek apakah mengeluarkan bau seperti tape, jika iya maka pupuk organik cair berhasil di buat.
  6. Saring ampas sisa bahan organik td dengan kain dan airnya siap untuk digunakan.

Manfaat Pupuk Organik Cair

Pupuk organik cair memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pupuk kimia diantaranya menyuburkan tanah dan membuat tanah gembur, lalu merangsang pertumbuhan dari akar, daun dan batang tumbuhan, juga meningkatkan unsur hara yang berguna untuk pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik cair juga berguna untuk memanfaatkan hasil pembuangan dari sayur dan buah2an yang biasanya tidak di mamfaatkan. Selain ramah lingkungan juga murah dalam pembuatannya dan bahan-bahannya mudah di dapatkan di sekeliling rumah.

Cara Penggunaan Pupuk Organik

Pupuk organik cair dalam penggunaannya di semprot kan di daun, batang tanaman dan akar tanaman. Sementara cara penggunaan pupuk organik berbentuk kompos menjadi media tanam yang di ratakan dengan tanah.

Setelah membahas cara membuat pupuk organik cair, cara penggunaan dan mamfaat dari pupuk organik cair serta pengertian dari pupuk organik cair. Semoga produktivitas dan total panenan tanaman kita meningkat.

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles