Dalam pemeliharaan ayam dan beternak ayam sangat penting sekali untuk menyiapkan kandang sebelumnya. Bagaimana cara membuat kandang ayam akan kita bahas tuntas disini, mulai dari bahan pembuat kandang, bagaimana kandang ayam yang baik, membuat kandang ayam dari bambu, kandang ayam dari kayu dan ukuran kandang ayam potong 5000 ekor, cara membuat kandang ayam tingkat serta kandang anak ayam.

Kandang ayam dari bambu

Cara membuat kandang ayam

Kandang ayam yang banyak kita jumpai di masyarakat adalah yang menggunakan bambu, baik sebagai pondasi nya, lantainya, sekatannya, dan tiang-tiang utamanya.

Karena kelebihan utama dari penggunaan bambu adalah harga yang lebih murah dan mudah untuk di ganti serta di dapatkan di sekitar lingkungan kandang. Kekuatan bahan baku bambu juga tidak bisa disepelekan, karena nyatanya bambu memang bisa menggantikan setara besi dalam kekuatannya.

Melihat Baja ringan yang mudah berkarat jika terkena air apalagi kotoran ayam yang tidak cepat di bersihkan. Bambu adalah alternatif terbaik dalam pembuatan kandang di kalangan kandang open.

Kandang ayam dari baja ringan

Kandang ayam dari baja ringan

Tidak jarang di kandang semi clouse house dan full ch menggunakan bahan baku bambu juga. Walaupun di jaman sekarang sudah semakin banyak kandang ch yang menggunakan baja ringan sebagai rangka nya karena panjang kandang dan lebar kandang serta populasi yang besar membuat penggunaan besi lebih di sarankan dalam menyangga pondasi kandang clouse house.

Adanya blower dan lumayan berat juga serasa membuat alternatif lain yang mengharuskan peternak memilih baja ringan.

Nantinya juga dalan perjalanan proses produksi kotoran ayam dan air tidak akan terkena langsung ke baja ringan karena alas kandang di hampar terpal. Rangka baja juga lebih mahal di bandingkan dengan bahan bambu. Tetapi dalam penggunaannya di kandang clouse house bahan rangka baja bisa bertahan lebih lama.

Tidak seperti bambu yang alas kandangnya mudah patah dengan rangka baja alas kandangnya akan memakai besi yang lebih awet jika di rawat dengan baik.

Kandang ayam dari kayu

Kandang ayam dari kayu

Kandang ayam dari sederhana dari kayu ini tergolong untuk rumahan yang ingin memelihara ayam dalam jumlah populasi yang kecil. Kayu cukup murah di dapat di lingkungan sekitar bahkan broti atau kayu kotak yang di jual bisa di bagi beberapa bagian kemudian di bentuk untuk membentuk penyangga, sekatan kandang, pintu kandang.

Bahan-bahan yang diperlukan juga hanya sedikit, diantaranya paku, gergaji, palu. Peletakan nya bisa diletakkan di dalam rumah ataupun di halaman rumah.

Kotoran ayam yang langsung turun ke bawah nantinya akan dibersihkan dengan dikeruk. Agar mudah dalam pembersihannya biasanya bisa di taruh triplek yang disusaikan ukurannya.

Cara membuat kandang ayam yang baik

Faktor-faktor apa saja yang perlu di perhatikan sebelum membuat kandang adalah

  • Kandang harus disesuaikan dengan lokasi kandang, jngn sampai kandang dibuat tidak sejajar dengan arah terbenam dan tenggelamnya matahari. Hal ini akan menyebabkan cahaya matahari masuk dan me yebabkan kepadatan semu.
  • Jika kandang panggung, perhatikan tinggi lantai bawah ke lantai kandang atas, harus cukup tinggi sehingga amoniak kandang yang ada di bawah sebelum sampai ke ayam sudah terbang terbawa angin, seukuran kita bisa berdiri di bawah kandang adalah minimal ketinggian jarak nya.
  • Perhatikan penggunaan atap kandang. Sebisa mungkin gunakan lah atap yang dapat menyerap panas, contohnya yang paling baik adalah gapalum, walaupun sedikit mahal tetapi ini efektif untuk menyerap panas. Kedua adalah penggunaan genteng, dan jngn menggunakan seng. Karena seng menyerap panas dan membuat panas berlebih di dalam kandang.
  • Perhatikan sekatan di lantai kandang, usahakan di buat sedekat mungkin sehingga nanti kaki ayam tidak terperosok jatuh. Kalaupun sudah terlanjur dibuat opsional lainnya adalah penggunaan jaring.
  • Lebar kandang jangan terlalu lebar, cukup idealnya di 8 meter. Karena jika terlalu lebar angin akan susah melewati kandang dan ayam akan kepanasan alias panting dan rawan heat stress.

Ukuran Kandang Ayam Potong 5000 Ekor

Sebelum membuat kandang juga kita harus tahu dahulu berapa populasi ayam yang akan kita pelihara sebelumnya. Dan apakah di daerah anda termasuk daerah dingin atau panas, jika panas  kandang akan di jadikan kandang panggung yang berarti hanya satu lantai, sedangkan jika di dataran tinggi kita bisa memakai kandang dua lantai dengan sistem full sekam sampai panen.

Di kandang open idealnya permeternya diisi dengan 14kg/meternya. Dan disesuaikan dengan bobot panen di daerah anda. Jadi jika ingin membuat ukuran kandang ayam potong 5000 ekor dan panen di bobot 2 kg maka.

5000 ekor : 2 lantai = 2500 ekor

2500 ekor * bobot panen 2 kg = 5000 kg

5000kg/ 14kg/m = 357 meter

357 meter / 8 (lebar kandang) = 45 meter.

Jadi jika ingin membuat kandang ayam postal populasi 5000 ekor dengan lebar kandang yang ideal 8 meter maka panjangnya adalah 45 meter. Lebar kandang dan panjang kandang bisa disesuaikan oleh anda sendiri, saran jngn terlalu lebar. Maximal 8 meter.

Cara Membuat Kandang Ayam Tingkat

Hal pertama yang harus di perhatikan adalah pondasi kandang harus kuat, misalnya saja pondasi kandang bisa di cor dengan semen. Nah ketinggian kandang juga harus disesuaikan buatlah 6-7 kaki dari lantai bawah.

Kandang ayam tingkat mau tidak mau akan di buat menjadi kandang postal. Tentunya lantai kandang dua harus dibuat rapat dan diterpali.

Di lantai bawah, pondasi dan penyangga harus di panjangkan sampai lantai atas, untuk meminimalkan ruang di bawah seefisien mungkin.

Kandang Anak Ayam

Kandang anak ayam bisa di jadikan di satu tempat di kandang ayam yang kita miliki, intinya kita hanya akan membuat broding dan mempersempit ukuran untuk anak ayam agar suhu yang di dapatkan anak ayam standar dan stabil nantinya.

Lebih jauh bisa di pelajari di Manajemen Brooding, perlakuan khusus lainnya adalah anak ayam mendapatkan oksigen melalui sirkulasi yang baik, biasanya di kandang ayam populasi besar menggunakan sekatan tambahan yang bisa terdiri dari seng, atau sekatan bambu, lalu di tutupi terpal atau plastik untuk meredam panas dan angin yang masuk dari pinggir kandang.

Itu td adalah artikel cara membuat kandang ayam, semoga bermamfaat dan silahkan share.

Tagged in:

, , ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles