Budidaya Udang Vaname

Hallo Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Bersama saya dengan Rudi dari Pradipta Paramita. Saya akan menjawab beberapa pertanyaan sekaligus membahas artikel terkait cara budidaya udang vaname air tawar dengan menggunakan medianya

Cara Budidaya Udang Air Tawar

Jawabannya adalah ada yang bisa atau tidak. yang bisa adalah untuk udang lobster air tawar. kemudian budidaya udang galah, itu bisa menggunakkan media air tawar. tetapi ada juga udang yang tidak bisa dibudidayakan dengan air tawar. Seperti lobster air laut kemudian udang windu kemudian udang vaname.

Itu semuanya menggunakkan media air laut. dengan salinitas minimal 6 ppt sampai 35 ppt.

Kemudian ada pertanyaan lagi

Cara Budidaya Udang Vaname di Air Tawar

itu tergantung. contoh udang vaname. bisa dibudidayakan dengan salinitas optimal antara 15 ppt sampai 29 ppt itu pertumbuhan dengan salinitas yang optimal tetapi jika kurang dari 5 ppt atau 15 permil akan mengakibatkan pertumbuhan udang lambat tetapi bisa hidup.

Apakah garam atau garam dapur bisa menaikkan salinitas yang kita inginkan? menurut saya. Bisa, tetapi tidak bisa bertahan lama dan tergantung ukuran atau volume media yang digunakan.

Apabila medianya seperti aquarium 60 cm dikali 30 cm dengan ketinggiannya kurang lebih 40 cm mungkin bisa menggunakan kadar garam atau garam dapur atau garam krosok untuk meningkatkan salinitas.

Tetapi itu tidak bisa sustainable atau tidak bisa berlangsung lama itu akan turun kembali menjadi air tawar.

Bagaimana solusi budidaya udang vaname yang jauh dari air laut?

Solusinya adalah apabila jaraknya kurang dari 2 km, kita membuat alir sungai kecil untuk menyambungkan air laut menuju ke kolam budidaya atau kita membuat memasang pipa-pipa pralon dari sumber air laut menuju ke kolam budidaya.

Tetapi, apabila jaraknya lebih dari 2 km. Sebaiknya kita menggunakan alat transportasi seperti truk. Untuk membawa air laut dengan jumlah yang kita inginkan. Ada pertanyaan lagi.

Perbandingan air tawar dengan air laut yaitu. 30% atau 40% air tawar dan air laut berjumlah 60 sampai 70%. Dengan salinitas yang bisa dibuat dari 15 ppt – 29 ppt.

Bagaimana treatment selanjutnya untuk budidaya udang vaname dengan air laut?

Atau salinitas minimal 15 ppt sampai dengan 29 ppt, kita harus mengecek parameter-parameter yang sangat penting bagi pertumbuhan udang berkelanjutan. Yaitu kita harus bisa mengecek Dissolved Oxygen atau DO atau oksigen larut di dalam air.

Minimal oksigen diatas 4 ppm. Kemudian kesadahan air atau ph air, ph asam basa air. Ph yang baik untuk budidaya udang. Kurang lebih minimal 7,5 dan maksimal 8,5.

Kemudian kita juga harus memperhatikan Amoniak, bisa dihasilkan dari sisa-sisa bahan organik atau sisa pakan yang tidak dimakan oleh udang.

Kedua adalah feses hasil pembuangan udang itu. Amoniak yang optimal harus 0 koma kurang dari 0 koma 1. Jika lebih dari 0,1 ppm. Sebaiknya digipos atau ganti airnya. Ada pertanyaan selanjutnya.

Dalam budidaya udang bagaimana cara menumbuhkan plankton?

Apakah dengan pemupukan atau dengan memberikan probiotik?

Untuk melakukan penumbuhan plankton di media air laut. Dalam rangka budidaya udang bisa menggunakan pemupukan.

Yaitu dengan menerapkan pupuk kandang di tebar di kolam atau air laut. Kurang lebih 10 kg per 1000 meter persegi.

Kandungan pupuk kandang yaitu untuk meningkatkan kadar phospat dan nitrogen di dalam air laut. Jika nitrogen dan phospat tersedia di media air laut. Maka diharapkan plankton-plankton khususnya Fito dan CO pankton akan tumbuh.

Nha. Untuk menjaga sustainable. Plankton tetap ada di dalam air. Selanjutnya, juga diberi probiotik. Probiotik di sini ada Paraqua Lacto untuk menjaga ekosistem media perairan dalam budidaya udang bisa stabil.

Bakteri Lactobacillus bisa menjaga Ph, meningkatkan plankton, dan menyehatkan bagi udang itu sendiri. Kemudian perlu juga diberi mikromineral esensial.

Apabila pemupukan berlebihan di kolam air laut. Biasanya plankton akan tumbuh suburatau sangat padat pertumbuhan planktonnya. Bisa dicegah menggunakan probiotik merk Aquxit Bacillus. Bacillus cereus di sini berfungsi khusus untuk menekan pertumbuhan Blue Green Alga atau plankton yang. Membuat warna air menjadi hijau.

Sekian postingan tentang Cara Budidaya Udang Vaname. Wasalamuallaikum

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles