Cara Budidaya Rumput Odot

Setelah sebelumnya membahas tentang rumput gajah, kali ini kita akan membahas rumput yang juga tinggi protein yang banyak di budidayakan yaitu rumput odot.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara budidaya rumput odot mulai dari cara memanen rumput odot, cara memupuk rumput odot, dan cara menanam bibit rumput odot.

Kemajuan usaha peternakan di ikuti dengan penyediaan pakan, alternatif penyedian pakan yg continue, berkualitas dan murah menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan.

Indonesia sebagai negara agraris memudahkan peternak dan petani untuk bercocok tanam.

Rumput Odot

Rumput odot atau bahasa latinnya pennisetum purpureum merupakan salah satu jenis rumput yang ketersediannya bisa continue untuk mencukupi kebutuhan hijauan pakan ternak.

Rumput odot merupakan salah satu varietas dari rumput gajah. Tanaman ini dapat tumbuh pada saat kemarau dan pada tanah dengan tingkat kesuburan yang rendah.

Di Indonesia sendiri rumput ini mulai di kembangkan pada tahun 2007, produksi yang cukup tinggi menjadi keunggulan rumput odot terlebih pada musim penghujan.

Batang rumput odot terasa lebih lunak sehingga sangat di gemari oleh ternak. Keunggulan lainnya adalah jumlah nutrisi yang cukup tinggi dibandingkan rumput gajah.

Dengan protein kasar mencapai 12-14%. Bahkan ada yg mencapai angka 17%. Disamping itu kecernaan mencapai 65-70%. Interval pemotongan pada musim hujan 30-40 dengan jumlah anakan mencapai 20 anakan pada setiap 2x masa panen.

Perkembangbiakan rumput odot dapat dilakukan dengan metode vegetatif yaitu dengan menggunakan percabangan yang paling baik. Pemotongan pada cabang tersebut dilakukan dengan alat yg tajam untuk menghindari luka pada batang.

Cara Memanen Rumput Odot

Memotong rumput odot bisa dengan memangkas sampai pangkalnya dan ditumpuk untuk pakan ternak. Usia 3 bulan rumput odot sudah bisa di panen.

Daun di pangkas sampai ke bonggol, daunnya bisa di pakai untuk makanan kambing, sapi, kerbau, kelinci, dan domba. Daun rumput odot juga bisa di jual dengan harga yang berbeda-beda di tiap daerahnya, biasanya di pulai Jawa Rp. 10.000 dapat 3 bonggol rumpun rumput odot beserta daunnya.

Batangnya yg memiliki mata tunas bisa dijual kembali dengan kondisi siap tanam. Tingkat palatabilitas untuk pakan ternak terbilang tinggi.

Karakteristik rumput odot lebih empuk dibandingkan rumput gajah. Batang yg tidak dipotong dan digunakan untuk tunas yg di tanam kembali bisa di berikan ternak.

Cara Memupuk Rumput Odot

Pupuk yang digunakan biasanya memakai urea, dan, hal yang perlu di perhatikan sebelum memupuk rumput odot adalah menyiramnya terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar tanahnya basah karena di bulan musim kemarau membutuhkan penyiraman untuk rumput odot agar tumbuh optimal di musim kemarau.

Pasca panen usia rumput di pupuk berumur berkisar 2 minggu. Dengan per 1 hektar diberikan 2 karung, atau per 1000 meter di berikan 10 kg dengan pemberian tipis-tipis.

Cara memupuk rumput odot seperti memupuk padi dengan disebarkan. Di beberapa daerah lainnya memiliki cara tersendiri.

Cara Menanam Bibit Rumput Odot

Siapkan terlebih dahulu lahan yg digunakan, bedengan berfungsi untuk mempermudah pengairan terutama di musim kemarau.

Saat musim kemarau baiknya bedengan di aliri air terlebih dahulu. Selanjutnya buat tanah seperti gundukan atau polisi tidur berkisar 15-20 cm dengan lebar 20 cm. Dan jarak antar gundukan berkisar 20-50 cm.

Bibit rumput odot yang sudah di potong berkisar 20 cm dengan metode tanam sistem batang seluruhnya di tancapkan menyentuh tanah dengan posisi miring. Setiap gundukan bisa diisi 1-2 bibit dengan permeter diisi 3-4 bibit.

Masing-masing daerah memiliki keunikan dalam menanam rumput odot. Pada dasarnya rumput odot termasuk rumput yg mudah untuk tumbuh dan pertumbuhan tergolong cepat.

Bibit rumput odot bisa di dapatkan via Online atau bisa mencari penjual bibit terdekat.

Demikian cara budidaya rumput odot, terimakasih. Semoga bermanfaat. 

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles