Hallo sahabat, selamat datang kembali di broilerku.com

Selain sebagai kambing penghasil penghasil susu dan pedaging di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah sudah banyak peternak kambing yang beralih menjadi kambing etawa.

Terutama etawa super atau etawa unggulan. Melihat fenomena ini peluang budidaya kambing etawa terbuka lebar. Bisnis ini juga cocok untuk para karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan.

Namun sebelum masuk bisnis ini baiknya kita siapkan hal2nya terlebih dahulu agar bisnis budidaya kambing menjadi lebih sukses. Panduan lengkap cara budidaya kambing etawa.

Pengadaan induk/bibit etawa

Peternak yang sudah memiliki track record yang bagus atau riwayat penjualan yang baik menjadi salah satu nilai tambah untuk membeli bibit etawa melalui peternak itu. Sebagaimana karekteristik kambing yang baik lainnya yaitu punggung yg lurus dan tidak bengkok, tubuh yang besar dan gagah serta berumur telah lebih dari 1,5 tahun dan tidak ada cacat pada fisik dan tubuhnya.

Sedangkan indukan etawa yang bagus adalah jinak, kaki lurus, berputing 2 buah. Bertubuh proporsional tubuh cenderung tinggi dan sehat tanpa cacat.

Cara dan tips memilih anakan yang bagus
Yang nantinya ketika sudah besar memiliki harga jual yang tinggi, kategorinya adalah
Postur, telinga lebar dan panjang dan ekor yang harus lurus dan juga nilai plusnya kalau betina calon indukan.

Amingnya harus 2 dan untuk aming ini harus nomor satu. Aming adalah susu atau puting susu.

Jika amingnya besar otomatis mencukupi kebutuhan untuk anaknya akan terpenuhi.
Usahakan membeli di umur 3 bulan jika jarak jauh agar anakan kambing sudah kuat dan tidak mati.

Pakan kambing etawa

Pakan hijauan kambing etawa terdiri dari beberapa macam si antaranya,

Daun Kaliandra

yg merupakan salah satu favorit pakan hijauan kambing etawa, kemudian daun kaliandra jni memiliki daun yg kecil-kecil seperti di gambar. Ketika dimakan biasanya kanbing etawa tidak hanya menyukai saunnya tetapi juga kulit dari pohon kaliandra ini. Biasanya kambing akan menguliti dan memakannya.

Daun Nangka

sifatnya awet dalam artian tahan lama untuk disimpan dalam jangka waktu dan untuk pengiriman ke luar kota dengan kambing etawa karena sifatnya tidak mudah rontok seperti daun kaliandra.

Pakan hijauan nomor satu yang digunankan untuk kambing etawa adalah daun kaliandra yang biasanya ditemui di daerah yang hawa nya sejuk.

Daun gamal

Dapat diliat modelnya seperti di gmbar. Yang disukai kambing etawa adalah daunnya. Dalam proses pemberian daun kamal kambing cukup senang dengan daun kamal. Kalau di lihat batangnya dan kulitnya di makan oleh kambing yang merupkan bagian favorit selain dari daun kamal.

Daun Gmelina

adalah hijaun pakan ternak kambing etawa yang memiliki bentuk lebih besar dan berwarna hijau serta cream di belakang daun.

Pembelian pakan tidak dapat disamaratakan harus di sesuaikan dengan kebutuhan gizi pasa usia tertentu. Sebisa mungkin pakan terdapat protein, vitamin, karbohidrat, mudah di cerna dan tentunya mudah di dapat dan sekaligus murah.

Pakan kambing di pedesaan pada umumnya adalah rumput hijau. Namun sekarang sudah banyak yg menggunakan pakan buatan. Tidak ada ketentuan khusus pada umumnya pakan peternak etawa menggunakan perbandingan sebagai berikut Bekatul dan konsentrat di buat dengan perbandingan 3:1 cara lainnya adalah dengan menggunakan bekatul sebanyak 50%, dicampur sebanyak bungkil kelapa sebanyak 25%.

Bagaimana, mudah bukan. Pemberian rumput juga harus di kira2 maksimal harus 15% dari berat badan kambing. Berikan pakan secukupnya sebanyak 2x sehari pagi dan sore hari. Untuk kebutuhan air berikan takaran 2 ltr per ekor per harinya. Tambahkan garam ioduim secukupnya pada airnya.

Pelaksaan ternak kambing etawa

Cahaya matahari yang baik tidak hanya bagi manusia juga bagi hewan ternak perlu di maksimalkan agar masuk ke dalam kandang, bersih, Juga jauh dari rumah warga sekitar serta sirkulasi lancar dan terdapat fentilasi yang baik berguna untuk mencegah kotoran dan bakteri yang cepat tumbuh di lingkungan kandang yang akan berdampak buruk bagi ternak kita.

Dalam siklus produksi normalnya Kambing etawa dapat beranak 3x dalam dua tahun akan tetapi kita bisa mengusahakan agar lebih dari itu. Oleh karena itu yg jadi patokan adalah usia kambing. Kawinkan kambing setelah usianya benar-benar matang antara 11-12 bulan. Pasti kan bobot harus lebih dari 50 kg pada usia tersebut.

Birahi kambing adalah selama 1-2 hari dan siklus itu dapat bertahan selama 2 atau 3 minggu. Apabila kambing mulai birahi, kambing terlihat mondar-mandir, kurang doyan makan, ekor terus bergerak dan di kibaskan, kemaluan membesar dan buang air kecil sering jadi harus teliti.

Normalnya kambing etawa betina akan mengalami fase kebuntingan dalam kurun waktu kurang lebih 5 bulan dan masa melahirkan sampai istirahat adalah 2 bulan. Jaga selalu pola makan dan kebersihan kandang agar terhindar dari penyakit seperti scabies atau cacingan.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles