Kali ini admin akan share hewan putih dan bersih yaitu entok atau mentok yang memiliki nama latin mascopidak ternyata apabila diternakkan dan diperlihara dengan benar mampu mendatangkan keuntungan dengan satu entok besar bisa mwncapai 50-70 rb per ekornya. Di hari besar bisa mencapai 100 rb/ekor.

Pengertian Entok

Seiring berkembangnya kuliner di Nusantara nyatanya ikut berperan dalam meningkatnya permintaan pasar akan daging entok. Daging ini mempunyai ciri khas yang gurih dan lezat dengan olahan rica2 entok, entok goreng dan lainnya. Inilah alasan peternak entok memiliki prospek yang cerah kedepannya.

Pembaca apa yang anda ketahui mengetahui entok yang berukuran sedang agak besar dan memiliki dominasi warna bulu hitam dan putih. Entok juga memiliki tonjolan kulit berwarna merah dan hitam di sekitar wajah dan matanya. Kakinya pendek berselaput renang. Dan gemuk berwarna abu-abu kehitaman, banyak orang yang coba beternak entok. Hal ini karena entok memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap penyakit dan pemberian pakannya yang mudah sehingga peluang usaha dalam betwrnak entok pun cukup menguntungkan.

Yang dapat dihasilkan dari entok sendiri yaitu :

  • Daging
  • Telur
  • Bulu yang di jadikan shuttlecock.

Cara Beternak Entok Agar Cepat Bertelur Dan Besar

Pemilihan bibit

Pilihlah entok yang sehat dan tidak cacat, selain itu harus memikiki gerakan yang lincah, nafsu makan yang tinggi, mata yang cerah dan bulu yang mengkilat serta memiliki warna kotoran yang normal.

Ada dua pilihan bibit yaitu bibit indukan atau bibit anakan. Baiknya bibit indukan yang sudah siap bertelur dengan asumsi 1 ekor bibit indukan yang bisa betelur 10 butir dalam waktu 40 hari kita sudah mendapatkan 100 ekor anakan entok.

Kandang Entok

Mempersiapkan kandang untuk entok bisa membuatnya sendiri atau bisa membelinya jika tidak punya waktu untuk membuatnya, besar atau kecilnya populasi yang akan di gunakan mempengaruhi jenisbkandang yang akan di gunakan.

Tipe kandang nya juga hampir sama dengan ayam broiler, jika ingin liat gambarnya bisa di cek di Jenis Tipe Kandang Ayam Broiler

Ada dua tipe kandang entok, yaitu

Tipe postal

Tipe kandang ini biasanya digunakan untuk ternak bebek dalam jumlah besar dimana dalam satu kandang ada ratusan bahkan ada ribuan ekor entok.

Kandang tipe baterai

Kandang tipe baterai diperuntukkan untuk satu sampai 5 ekor entok dewasa di setiap kandangnya. Kandangnya berbentuk kotak dengan ukuran 50*50*45 cm atau bisa disesuakan dengan keinginan. Biasanya di lengkapi dengan bambu dan rangka kawat serta lampu yang berdaya 5-10 watt.

Atau bisa juga memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah atau perkarangan dan kebun. Hal yang perlu di perhatikan adalah sebaiknya jauh dari rumah warga agar entok tidak mudah stress dan perkembangan entok tidak terganggu juga warga sekitar tidak terganggu dengan baunya, juga hindari lalu lalang kendaraan dan jngn dibdekat jalan.

Iklim kondusif di sekitar kandang juga salah satu penunjang keberhasilan beternak entok.

Kandang umbaran

Gunakan bambu dan jaring dengan jarak yg tinggi sehingga entok tidak terbang dan keluar kandang.

Usahakan kandang agar tetap bersih setiap hari.

Pemberian Pakan

Agar entok cepat besar anda bisa memberikan pakan 2x sehari dengan pakan dedak, jagung giling, tepung ikan dan lainnya. Anda bisa memberikan prebiotik juga, sesuaikan dengan umur dan jumlah entok untuk pemberian pakannya Hal ini berguna untuk efesiensi yang berguna untuk mendapatkan keuntungan yg maksimal.

Makanan yang berkualitas di perlukan agar entok berproduksi secara maksimal.

Pakan entok umur 1-14 hari

harus disesuaikan dengan jumlah protein kasar energi, kalsium, fosfor dan vitamin yang cukup. Makanan itu biasanya di dapatkan dalam pakan pur atau complete starter.

Pakan anak entok umur 14-35 hari

Entok dalam umur ini kebutuhan pakan anak entok lebih membutuhkan energi, untuk pertambahan bobot berikan pakan berupa konsentrat, dedak, ampas tahu ataupun daun pepaya.

Pakan anak entok umur 36-60 hari

Entok pada umur ini cenderung membutuhkan vitamin dan mineral dengan jumlah yang besar untuk menjaga kesehatan dan tulang entok tetap baik. Kombinasi pakan biasanya ikan runcah, bekatul, menir, enceng gondok, dedak, nasi aking.

Setelah periode masa ini peternak bebas memberikan pakan yang bisa di racik sendiri dengan memperhatikan kandungan nutrisi dan harga yang agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Perawatan dan Pemanenan

Anda harus melakukan perawatan yaitu berupa vaksinasi, walaupun entok memiliki daya tahan tubuh yang kuat tetapi vaksinasi berguna untuk bentuk pencegahan dan antisipasi.

Untuk panenannya anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Bisa dalam bentuk daging dan telur. Untuk daging sendiri bisa di panen dalam umur 4 bulan dalam bobot rata2 di 2 kg.

Siapa bilang cara beternak entok agar cepat bertelur dan besar itu sulit. Entok merupakan unggas yang mudah dipelihara serta entok makanannya pun murah dan mudah di dapat. Serta daya tahan tubuh yang kuat dibanding unggas lainnya.

Seekor entok jantan dewasa bisa mencapai bobot 3-5 kg. Sedangkan entok betina bisa bertelur 20 butir per periode. Hal ini sejalan dengan pakan dan nutrisi yang di berikan.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles