Assalamualaikum wr wb, kali ini kita akan membahas beberapa kelebihan dan keutamaan dari broodingan bulat dan broodingan yang di buat kotak. Di beberapa peternak yang menggunakan kendang open sering kita temukan perbedaan di broodingannya.

Broodingan Bulat, ini lebih memiliki banyak kelebihan di antaranya

  • Sisi-sisi yang biasanya di buat ayam untuk ngumpul di pojok sekarang dengan menggunkan broodingan tipe ini akan mengurangi ayam ngumpul yang kebanyakan kalua ayam sudah mengumpul ayam tidak akan makan dan yang tertumpuk di akan menjadi ayam yang afkir, karena tidak makan dan tertindih oleh temannya.
  • Lebih optimal di pemanas dan kebutuhan suhu ayam broiler di masa awal, karena di satu bulatan kita isi maksimal 750 ekor, lebih bagus kalau satu bulatan bias 500 ekor.

Kelemahan

  • Lebih sedikit ribet dengan membentuk bulat dan media harus seperti seng dan triplek yang bisa kita bentuk bulat, tapi kita memang harus sedikit ribet untuk mendapatkan hasil lebih.

Sekrang kita akan bahas broodingan kotak, yang sekarang kita lihat lebih banyak yang menggunakannya,

Kelebihannya

  • Kalau admin lihat kelebihannya hanya di pengerjaannya yang lebih cepat dan tidak membutuhkan biaya lebih

Kelemahannya

  • Ayam akan lebih banyak berkumpul di pojokan
  • Kematian lebih tinggi
  • Afkir lebih banyak
  • Apalagi jika tidak di pasang sekatan ayam lebih tidak teratur dan terjadi kepadatan yang tidak sesuai di setiap sisinya hal ini di perparah biasanya dengan jumlah pemanas yang kurang dan akan terasa sekali saat di malam hari, ayam tidak menyebar merata.

Sepanjang admin bekerja di lapangan sebagai PPL atau TS admin lebih menyarankan dan sudah lebih membuktikan bahwa tingkat afkir dan keseragaman, pertumbuhan lebih bagus di broodingan bulat dari pada broodingan kotak, tentang dengan Oksigen, Suhu, Cahaya, Air, dan Pakan yang baik pula. Dan perlu di perhatikan juga pelebaran di awal dengan kepadatan minimal 40m/ekor di usia 1-3 hari dan 30-35m/ekor di usia 4-7 hari, lalu full kendang setelahnya. Tentu kita tidak akan membuat broodingan bulat sampai full kendang, cukup di 1-6 hari awal, setelah nya kita kita akan memaksakan broodingan bulat di karenakan kendang kita kotak, lain hal jika kendang kita juga bulat.

So, action dan buktikan.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles