Ayam Onagadori

Setelah sebelumnya membahas tentang ayam hias jenis poland. Kali ini masih akan tetap membahas jenis ayam onagadori asal jepang, asal usul ayam onagadori, cara merawat ayam onagadori, harga ayam onagadori serta keunikannya.

Onagadori sendiri dalam istilah Jepang memiliki arti paling terhormat, dimana yang jika di artikan dalam jenis unggas adalah unggas yang paling terhormat.

Gelar tersebut merupakan gelar tertinggi yang diberikan terhadap seekor ayam yang berada di Jepang. Karena keunikannya tersebut maka pemerintah Jepang sangat menjaga keberadaannya dan memasukkannya sebagai hewan yang di lindungi.

Asal Usul Ayam Onagadori

Masyarakat Jepang percaya bahwa ayam adalah hasil dari peternakan Shokoku (1600-1868).

Berdasarkan ceritanya, pangeran yang menguasi wilayah Yamanouzi yang terletak di semenanjung selatan Shokoku memiliki pelindung kepala dan tombak dari tentaranya yang dihiasi dengan bulu ayam yang panjang.

Hal ini dipersembahkan untuk acara memperingati kaisar tengo. Berdasarkan hal itu ada kemungkinan asal mula ayam onagadori ini berasal dari peternakan di shokoku, Jepang.

Ayam ini masih menjadi perbincangan di negara bagian barat, peternak ayam di barat daya Jepang mengembangbiakkan unggas ini sejak tiga abad yang lalu.

Ayam ini memiliki bulu yang indah, ekornya sangat panjang biasanya berwarna hitam dan putih tetapi beberapa ada juga yang berwarna merah dan hitam dan keseluruhannya berwarna putih.

Mengapa Namanya Onagadori

Berasal dari kata O yang berarti ekor, Naga berarti panjang dan dori yang berarti unggas. Jika di gabungkan maka memiliki arti Ayam yanh memiliki ekor panjang.

Namun hanya ayam jantan saja yang ekornya panjang. Perkembangan nya sudah masih terbatas. Di Amerika bahkan beredar mitos yg salah mengenai jenis unggas ini sehingga di salah artikan dengan jenis ayam biasa.

Ayam ini berhasil memproduksi unggas dengan ekor yang lebih panjang pada perkembangannya. Panjangnya bisa mencapai 20 meter.

Ayam ini dikembangkan menghasilkan Onagadori yang warna bulunya indah dari hasil perkawinan silang.

Keunikan ayam onagadori

  • Tubuhnya yang cantik
  • Ekornya yang panjang
  • Warna bervariasi seperti putih, hitam, merah, kuning atau kombinasi dari beberapa warna tersebut.
  • Warna telurnya berwarna coklat muda.
  • Berat antara jantan dan betina berbeda,

Pemeliharannya yang terpenting selalu menjaga kebersihan kandangnya agar ekornya tetap terjaga keindahannya. Sehingga ekor ayam onagadori tetap cantik dan indah ketika kita melihatnya.

Cara Merawat Ayam Onagadori

Merawat ayam ini tergolong susah-susah gampang. Yang perlu di perhatikan adalah makanan dan luas kandangnya.

Untuk makanannya biasanya dipadukan antara makanan herbal dan madu agar ayam tidak terlihat lemas dan lesu.

Nilai jual ayam ini tergolong tinggi. Harga ayam onagadori satu ekornya bisa mencapai Rp. 30.000.000.

Demikian artikel ayam onagadori asal jepang ini, semoga bermanfaat. Terimakasih

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles