Ayam Ketawa dan Keunikannya

Begitu beraneka ragamnya jenis unggas yang ada di Indonesia yg tersebar di berbagai wilayah Indonesia terbukti dengan karakteristik yg berbeda-beda, suara, serta fisik dan keunggulannya sendiri-sendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ayam ketawa dan keunikannya, serta sejarah berikut perawatannya.

Suara jenis ayam yg satu ini sangat khas, seperti sedang tertawa. Seperti suaranya ayam ini di kenal dengan ayam ketawa. Sekilas dari bentuk tubuhnya ayam ketawa ini sama dengan ayam jantan pada umumnya. Namun suara kokok ayam ini mirip dengan suara manusia yang sedang tertawa. Hal inilah yg membuat ayam ini bukan seperti jenis ayam biasa pada umumnya. Sesuai dengan namanya keunikan ayam ini berada pada ujung kokoknya yang menyerupai tertawa manusia.

Sejarah Ayam Ketawa

Habibat asli ayam ini berasal dari Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan. Namun karena besarnya antusiasme masyarakat memiliki jenis unggas ini bisa di jumpai di sejumlah tempat termasuk di Jawa Tengah. Beberapa penggemarnya sering mengikutsertakan ayam miliknya pada kontes tingkat nasional di berbagai daerah.

Pada zaman dahulu kala ayam ini di budidayakan oleh bangsawan dari kerajaan bugis yang dimana ayam ini sebagai simbol status sosial dan budaya bangsawan yang gagah, berani, pantang menyerah dan sukses. Ayam ini juga memiliki sebutan lain yaitu ayam jantan dari timur.

Ayam ketawa tergolong mudah dikembang biakkan, ayam yang berusia 1,5-3 bulan dapat di jual dengan harga 200-350 rb. Bahkan ayam pejantan yg berumur 5-6 bulan bisa di jual dengan harga 1 jt/ekor. Terlebih jika ayam ketawa ini menjuarai lomba tingkat nasional harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Kontes sendiri memiliki tujuan untuk melestarikan, menghargai dan mengembangkan ayam ketawa.

Perawatan Ayam Ketawa

Perawatan ayam ketawa ini hampir sama dengan perawatan ayam kampung, perlakuan khususnya ada di penjemuran seminggu sekali bisa di jam 8 pagi – 10 pagi.

Demikian Artikel tentang ayam ketawa dan keunikannya. Semoga menambah wawasan dan manfaat untuk peternak Indonesia. Terimakasih.

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles