Ayam Kate Chabo

Ayam kate chabo merupakan jenis ayam kate pada umumnya yang berasal dari Jepang, namun yg unik dari ayam kate chabo ini adalah terletak pada warnanya terutama warna bulu ekornya yang berwarna hitam yang merupakan ciri khas dari ayam ini. Oleh karenanya sebagian orang menamainya dengan sebutan ayam chabo black tail, selain itu merupakan salah satu jenis ayam yg memiliki tubuh yg mungil dan menggemaskan, ukurannya hanya 1/2-3/4 ayam biasa.

Ayam Kate Chabo

Ekornya yg hitam ini merupakan ciri khas yg tidak bisa dihilangkan dan di miliki ayam kate lain hingga beberapa peternak mencoba menyilangkan ayam jenis lain yg terlahir tetap bulu putih dengan ekor hitam tidak sebaik chabo black tail. Teknik budidaya ayam ini hampir sama dengan ayam kate pada umumnya, namun dikarenakan ayam kate ini bukan merupakan ayam asli Indonesia yang sangat perlu di perhatikan adalah suhu di sekitar peternakan, karena perubahan suhu biasanya memerlukan adaptasi yg baik untuk tumbuh kembang dan produktivitas ayam kate chabo.

Ayam kate ini mulai bertelur dari umur 7-8 bulan dan akan bertelur sebanyak 9-12 butir/ekor dengan lama penetasan yaitu 21 hari. Saat ayam mulai bertelur tambahkan egg stimulant dan konsentrat pada pakannya.

Jika ingin mengejar produksi sebaiknya ditetaskan dengan menggunakan mesin tetas dan jika ingin dierami oleh indukannya juga mempunyai kelebihan sendiri di antaranya :

  • Indukan akan istirahat bertelur.
  • Ketika sudah menetas anakan akan lebih maksimal perkembangannya dengan indukannya.

Yang perlu di perhatikan adalah masa kritis pada anak ayam kate ini yaitu berkisar di antara 0-2 minggu yang jika tidak berhati-hati akan menyebabkan banyak kematian.

Menjaga Ayam Tetap Sehat

Untuk menjaga performance dan ayam ini sendiri agar tetap sehat dalam pemberian pakan bisa diberikan dan di tambahkan minyak ikan. Dengan air minum di berikan probiotik khusus unggas yg baik untuk pencernaannya.

Kebersihan kandang sebaiknya dilakukan setiap hari, mulai dari membersihkan kandang dari sisa-sisa kotoran ataupun pakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan ayam.

Perawatan 0-2 Minggu

Di masa kritis ini dikarenakan ketika baru menetas ayam ini kecil sekali, sebaiknya ketika menetas baik itu eraman ataupun mesin harus segera di pindah ke dalam tempat khusus yang sudah terjaga suhu, makanan dan minumannya. Seperti masa brooding pada ayam pedaging.

Pakan Ayam Chabo

Pakan merupakan faktor penting yg perlu di perhatikan dalam beternak ayam ini, jenis pakan yang diberikan sama halnya dengan pemberian pakan pada jenis lainnya. Hanya saja untuk ayam ini prosinya lebih sedikit karena tubuhnya juga lebih kecil.

Kandang Ayam Kate Chabo

Kita bisa menggunakan ukuran kandang 2,5×2 meter bisa diisi dengan 1 jantan 1 betina sampai maksimal 4 betina. Kalau lebih dari 4 betina dikhawatirkan proses kawin tidak maksimal dan telur infertil.

Prospek ayam kate chabo ini masih terbuka lebar di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles