Selamat datang kembali di Broilerku, beberapa hari ini kita sudah membahas tentang ternak besar seperti post terakhir Manajemen Sapi Perah, kali ini kita akan membahas Ayam Kalkun dan Jenisnya.

Ayam Kalkun

Di daerah blitar ada yg unik yaitu peternakan ayam kalkun yang jarang di budidaya kan dalam jumlah besar. Ayam yang memiliki ciri khas suara unik ini sendiri juga di kenbangkan dan di ternak kan dengan populasi yang lumayan besar. Di pelihara 6-7 bulan dan di jual di restoran. Pasarnya sendiri juga sudah ada. Dan bibitnya di tetaskan sendiri dari Indukannya.

Kurang lebih peternakan ini membudidayakan sekitar 2500 ekor. Dimulai dari Indukan sampai hasil daging.

Si bobot 7-8 bulan bobot yang dihasilkan bisa mencapai 5-6 kg. Karkasnya bisa 4-4,5 kg.

Pakan ayam kalkun

Bisa dengan bekatul dan eceng gondok, umunya kalkun menyukai berbagai macam jenis sayuran seperti sawi,kangkung tetapi dalam hal ini di cari yang tidak bersaing dengan manusia.

Eceng gondok di potong kecil2 di campur air san dipotong kecil2 dan di cmpur dengan dedak, Pakan diberikan 2x sehari.

Untuk ayam dewasa ayam kalkun dapat mengkonsumsi pakan sampai 100 gr perhari untuk kebutuhan bekatulnya saja. Tidak dihitung dengan eceng gondoknya.

Dibandingkan daging ayam daging ayam kalkun memiliki nilai protein yg lebih tinggi dan kolesterol yang lebih rendah.

Untuk karkas sendiri di tahun 2018 per kilo mencapai 60rb. Penyakit ayam kalkun yang sering menyerang juga hampir sama dengan ayam lainnya. Yaitu snot, coryza, pilek.

Jenis Ayam Kalkun

Kalkun pertama kali ditemukan di Amerika, penamaan kalkun di Indonesia berasal dari bahasa Belanda karena dulunya orang-orang Belanda yang menginport kalkun dari daerah India. Kalkun liar merupakan hewan buruan di amerika utara. Mereka sangat gesit dan pandai terbang.

Beberapa jenis Ayam kalkun :

Kalkun Ocelllated

Ini adalah jenis kalkun yang memiliki warna bulu paling Indah. Kalkun ini berasal dari Venezuela, dan ini merupakan jenis kalkun yang paling kecil. Bobotnya adalah 3 kg untuk betina dan 5 kg untuk pejantan. Kalkun ini memiliki jenis suara yang berbeda dari jenis lain. Dan termasuk barang langka di Indonesia.

Kalkun Black Spanish

Kalkun ini mempunyai warna bulu hitam tp ada juga yg berwarna hitam doft. Kalkun ini berasal dari daerah Europa dan menyebar ke beberapa daerah termasuk ke Indonesia.

Kalkun Blue Slate

Kalkun yang diakui endemik asli Amerika ini mempunyai warna abu-abu dan sedikit warna putih. Kalkun ini sangat jarang terlihat di Indonesia. Kalkun ini juga dipercaya yang mempunyai daging yg paling nikmat dibandingkan kalkun lainnya.

Kalkun White Holland

Kalkun jenis ini berasal dari negeri Belanda. Kalkun white holland memiliki warna bulu yang putih bersih. Untuk pejantan bobotnya dapat mencapai 18 kg sedangkan yang betina dapat mencapai 8 kg. Jenis kalkun ini sering kita temui di Indonesia.

Kalkun Royal Palm

Kalkun royal palm mempunyai kombinasi warna outih dan hitam yang sangat indah di pandang mata. Biasanya kalkun royal palm hanya di jadikan sebagai kalkun hias dan jarang sekali di kenbangkan sebagai kalkun pedaging karena keindahan dari bulu-bulu nya

Kalkun Bourbon Red

Kalkun yang berasal dari kentucky Amerika ini memiliki kombinasi warna merah dengan paruh berwarna putih dan coklat pada bagian sayap dan ekornya. Kalkun bourbon red adalah hasil kawin silang white holland dengan bronze. Kalkun ini masih jarang kita temuin di Indonesia. Harganya pun masih cukup mahal.

Kalkun Bronze

Ini adalah jenis kalkun yg sudah sangat familiar di Indonesia. Karena kalkun bronze adalah jenis kalkun yang paling banyak di pelihara di Indonesia dibandingkan dengan kalkun lainnya. Bobot kalkun ini bisa mencapai 18 kg untuk pejantan dan betina 8 kg. Jumlah telurbyang dihasilkan antara 9-20 butir dan lama pengeraman selama 28 hari

Tagged in:
, ,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles