Ayam hutan merah ini berhabitat di hutan pulau Sumatera yg bisa dijumpai di semak belukar atau di perkebunan sawit. Yang menjadi ciri khasnya adalah warna bulu kemerahan di bagian kepala sampai leher serta hitam di daerah badan bercampur biru, bobot ayam ini kurang dari 1 kg, postur tubuh kecil dan cuping merah bundar didekat telinga yg lebar adalah cirikhas utama ayam ini.

Dihabibat aslinya hidup berkelompok antara 5-6 kelompok dengan 1 ayam jantan yg menjadi pemimpin di setiap kelompok. Biasanya mereka mencari makan di tanah dengan mengais-ngaisnya dan membuat sarang di semak belukar. Uniknya ayam hutan merah ini bisa terbang tinggi seperti burung. Kebanyakan mereka menghabiskan waktunya di atas pohon untuk beristirahat.

Persilangan Ayam Hutan Merah

Ayam Burgo

Ayam Burgo sebagai salah satu sumber hayati, ayam burgo adalah keturunan hasil persilangan dari ayam hutan merah jantan (gallus gallus) dan ayam buras betina (gallus domestika), ayam ini adalah salah satu sumber daya hayati lokal Bengkulu sangat potensial untuk dikembangkan karena ia dapat hidup dan berkembang dengan baik. Ayam ini tersebar hampir di seluruh wilayah pedesaan Bengkulu. Ayam burgo memiliki memiliki keunggulan dan kelebihan dibandingkan jenis ayam buras lainnya.

  • Tahan terhadap berbagai penyakit
  • Mempunyai genetik ayam hutan merah yg lebih tinggi dibandingkan ayam buras peliharaan.
  • Ayam burgo jantan memiliki bulu pendek yg di dominasi warna merah keemasan dan hijau gelap.
  • Jengger bertipe tunggal dengan gerigi lima buah yg lebar dan tegak dengan warna merah cerah.
  • Bentuk vial pipih lebar menggantung berjumlah 2 buah kiri dan kanan.
  • Memiliki cuping telinga lebar berwarna putih.

Cuping ini kerap dijadikan kriteria penilaian terhadap keaslian ras ayam hias burjo. Apabila telinga tidak lagi berwarna putih tetapi bentuk tubuh masih mirip burgo dinamakan ayam rejak. Disisi lain ayam burgo betina memiliki bulu mayoritas kuning kecoklatan bergaris hitam dengan bagian pangkal ekor dan ujung sayap hitam. Ayam betina burgo tidak memiliki taji, hanya memiliki jengger kecil dan tipis.

Kokok persilangan ayam hutan merah khas dengan cengkok yang berbeda dengan ayam kate. Para peternak menyebutnya memiliki 3 grade saat berkokok. Secara fisik ayam burgo memiliki fisik yg menarik dengan tubuh yg padat, kompak dan lincah bergerak. Jika dilihat dari aspek tubuhnya ayam ini relative kecil dan pendek. Sepintas banyak masyarakat awan yg mengira keturunan ayam hutan merah ini sebagai ayam kate padahal kenyataannya ayam ini bukan ayam kate dan memiliki perbedaan yg sangay jelas.

Perbedaan Ayam Hutan Merah dengan Ayam Kate

Ayam Hutan Merah

Saya ayap sejajar badan sedangkan ayam kate terkulai kebawah, tubuh ayam hutan relatif lebih besar, perbedaan lainnya terletak pada kokok mereka. Kokok ayam hutan memiliki intonasi dan cengkok yang berbeda dengan kokok ayam kate.

Tingginya harga jual ayam ini memberikan peluang kepada masyarakat untuk beternak unggas ini yg sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat memeliharanya. Kecenderung ini terjadi di masyarakat pedesaan yg letaknya dekat dengan pusat perkotaan yg ada hanya sebatas hobi semata dengan sistem pemeliharaan tradisional belum mengikuti manajemen pemeliharaan yg baik.

Manajemen Pemeliharaan Ayam Hutan

Ayam Hutan Merah

Setelah ayam hutan merah berhasil di pikat, ia akan di bawa ke rumah kemudian di pelihara. Saat baru ditangkap perilakunya masih liar dan gampang stress. Pemberian pakan baru berupa campuran nasi dan pur di bantu dengan memasukkan nya ke dalam mulut ayam serta menambah nafsu makan ayam diberikan vitamin b compleks. Hal ini di percaya mampu membantu ayam untuk beradaptasi.

Ayam akan dibiarkan beberapa saat di kandang dengan ditemani ayam betina sampai ayam hutan terbiasa dan beradaptasi serta siap untuk kawin. Warna bulu ayam betina dipilih dengan ketentuan yg paling mendekati ayam hutan merah. Ayam betina nantinya akan bertelur sekitar 10 butir dan akan dierami selama 18 hari lebih singkat dari pada umumnya yg mencapai 21 hari.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles