Ayam cemani adalah ayam asli dari Indonesia tepatnya berasal dari Desa Kedu, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Dalam bahasa sansekerta cemani berarti legam sehingga ayam cemani adalah ayam legam alias ayam hitam. Menurut cerita yg diwarisi turun temurun di masyarakat sekitar ayam ini sudah ada sejak era zaman majapahit. Pemilik pertamanya memiliki nama Ki Ageng Mangkuhan yg awalnya ayam ini berparuh putih selanjutnya ayam ini di kawinkan dengan ayam lainnya yg sama-sama berwarna hitam. Ketika telurnya menetas seluruh tubuh ayam ini sekarang telah berwarna hitam legam, dari sana lah asal mula disebut ayam cemani.

Karena cerita itulah ayam cemani dipercaya memiliki kekuatan magis, banyak di cari dan berharga mahal. Ayam ini mulai dari awal menetas telah memiliki warna hitam. Sebenarnya ayam cemani merupakan gen resesif dari ayam kedu. Warna hitam pada ayam cemani justru merupakan cacat identik yg dibawa sejak lahir. Oleh karena itu untuk menghasilkan ayam cemani 100% hitam sangatlah sulit dengan perbandingan 1:1.000 itu lah yg menyebabkan ayam cemani sangat mahal di karenakan langka.

Pakan Ayam Cemani

Dedak, jagung dan pur adalah makanan yg biasa di berikan kepada ayam cemani dengan di campur air. Pakan sengaja di buat basah agar mudah di cerna sekaligus untuk minum sehingga ayam tidak akan tersedak. Sebenarnya ayam cemani ini juga bisa di makan, setelah di teliti kandungan ayam cemani sama dengan ayam kampung biasa.

Harga Ayam Cemani

Meskipun bisa di konsumsi untuk di jadikan makanan sehari-hari kita mungkin akan berpikir 2x untuk menjadikannya makanan. Hal ini karena harga ayam ini yg fantastis dimana satu ekor ayamnya kualitas terbaik bisa mencapai puluhan juta rupiah dengan paling murah di atas 1 jt yg kalau untuk ayam biasa bisa untuk memberikan makan satu Rt.

Jenis Ayam Cemani

Ayam Cemani Walik

Terdapat 2 jenis ayam cemani, yaitu ayam cemani biasa dan ayam cemani walik. Arti kata walik memiliki arti terbalik yaitu bulunya terbalik dan mengembang dan sedikit keriting. Pada para kolektor dan penghobi ayam hias cemani walik memiliki keunikan tersendiri yaitu indah, cantik sekaligus menyeramkan. Oleh karena itu harga jual ayam cemani walik lebih tinggi berkisar 1,5 jt yg paling murahnya.

Perawatan Ayam Cemani

Setelah diberi makan ayam cemani dimandikan dengan cara bagian jengger dan paruh di basuh dengan air untuk menghilangkan bekas makanan yg menempel. Setelah itu badannya di basuh dengan spons yg sudah dibasahi, juga ceker.

Ciri-ciri Ayam Cemani

Ayam Cemani Yang Langka

Tingginya harga ayam ini membuat banyaknya kecurangan dalam jual beli ayam ini. Penting agar kita mengetahui ciri-ciri ayam ini yaitu ayam cemani yg asli suluruh bagian tubuh berwarna hitam pekat termasuk lidah, pial, daging, kaki serta buntutnya berwarna hitam pekat.

Demikian artikel ayam cemani asli Indonesia ini, semoga semakin menambah pengetahuan dan wawasan tentang jenis unggas kita. Terimakasih

Tagged in:

,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles