Ayam bekisar termasuk salah satu unggas asli kebanggaan Indonesia, mereka adalah hasil persilangan dari perkawinan ayam hutan hijau jantan dengan ayam kampung betina. Selain suara kokokannya yang merdu jenis ini juga yang mempunyai suara paling keras dari semua jenis ayam lokal Indonesia.

Sejarah Ayam Bekisar

Penyebutan ayam bekisar di ambil dari putra keturunan raja mataram yang bernama bekisar yang di asingkan ke Madura. Dalam masa pengasingannya Bekisar menyilangkan ayam hutan hijau dengan ayam kampung betina. Seiring berjalannya waktu hasil kawin silang yang dilakukannya dinamai namanya yaitu ayam bekisar. Dewasa kini budidaya ayam bekisar belum sebanyak ayam lainnya.

Budidaya Ayam Bekisar

Tidak seperti indukan ayam ketawa jantan, indukan ayam hutan mudah stress dan sangat pemilih. Kebanyakan pejantan akan menjatuhkan pilihan pada ayam betina dengan warna kecoklatan. Nantinya ketika sudah di kawinkan induk ayam kampung akan beterlur hingga 13 butir. Dalam perkembangannya telur ayam di tetaskan di mesin tetas dengan menjaga suhu di angka 30°C. Pemisahan kandang akan di lakukan saat ayam berumur 1 bulan, dikarenakan ayam ini memiliki sifat agresif dan bisa saling menyerang.

Pemilihan akan terus berlanjut sampai dimana ayam dewasa dengan pemilihan ayam pejantan dan sudah bisa di taruh di taruh di kandang hias. Karena biasa tinggal ditempat yg bersih pemilik harus sesering mungkin membersihkan kandangnya. Di saat musim penghujan untuk menjaga daya tahan tubuhnya beberapa peternak rutin memandikan dengan air rendaman daun sirih, kandungan antiseptik daun sirih mampu menghembaskan kuman dan jamur dari bulu ayam.

Ayam bekisar punya karakteristik yang hampir mirip dengan ayam hutan hijau yaitu terletak di jengger dan pialnya yg memanjang dan melebar. Suara kokokannya sering di jadikan lomba dan yang unik dari lomba ini sang betina dari si jantan ayam bekisar harus di bawa agar ayam jantan bekisar lebih tenang dan kokok-an yg dihasilkan semakin maksimal.

Pakan Ayam Bekisar

Racikan pakan bisa berupa, pur, nasi, kunyit dan madu untuk dimakankan di siang hari. Di aduk menjadi satu hingga menjadi halus dan di berikan kepada ayam.

Lomba Ayam Bekisar

Ayam bekisar

Waktu lomba ayam bekisar ayam berada dalam kandang lalu digantung di atas dengan poin penilaian panjang dan pendek serta kejernihan suara yang dihasilkan. Suara ayam bekisar yang bagus yaitu yang suara depannya rendah lalu suara bekakangnya tinggi dan panjang. Lafal O dan E yang di keluarkan ayam harus terdengar jelas.

Puluhan juta bahkan ratusan juta adalah angka untuk seekor ayam yang telah memenangkan kontes ini yang tentunya untuk menjadi sang juara diperlukan usaha dan ketekunan. Usia ideal ayam bekisar yg mengikuti lomba di atas satu tahun, sudah dewasa dan memiliki pasangan. Di peternak ayam bekisar akan di latih mentalnya dan agar tidak takut dengan manusia dengan meletakkan kandang di atas tiang yg tinggi. Menggampang adalah istilahnya yang dilakukan setiap pagi hari hingga menjelang siang dan di sore hari.

Demikian artikel ayam bekisar asli indonesia. Semoga bermanfaat.

Tagged in:

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles