Kambing Boer

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Selamat datang kembali, Teman Peternak Indonesia. Saya adalah Dokter Taufan. Pemilik Pertanian Barokah Kediri. Kali ini saya akan membahas Analisa Usaha Breeding Kambing Boer.

Hari ini kita akan melakukannya. Kupas sepenuhnya Prospek Usaha Breeding Kambing Boer.  Oke, mari kita mulai dengan sejarah singkat. Mengapa saya tertarik untuk beternak kambing.

Keuntungan Beternak Kambing Boer

  1. Yang pertama, karena memang. Kebutuhan daging meningkat setiap tahun.
  2. Kedua, kambing sangat sederhana sangat mudah dan biaya operasi sangat murah.
  3. Ketiga, nilai jualnya bagus sekarang dan pasti semakin tinggi nilainya juga akan semakin baik.

Selanjutnya mari kita Boerbokanalise. Jenis Kambing Boer termasuk kambing pedaging. Sebenarnya, sudah lama di Indonesia sekitar 75 tahun yang lalu. Akan tetapi, terdaftar di Indonesia hanya 2 tahun terakhir yang membuahkan hasil di masyarakat. Karena satu hal yg mungkin orang-orang tidak tahu banyak tentang kambing ini.

Jadi saya secara singkat menyebutkan sejarah Kambing Boer, salah satu Kambing terkemuka untuk jenis daging. Karkasnya tertinggi dari jenisnya. Hingga 50 persen dengan perawatan yang baik. Bahkan dapat mencapai 55 persen jika kita memaksimalkan kualitas pakan.

Kita mulai saja untuk analisa usaha Breeding Kambing Cross Boer. Mengapa saya memilih beternak Kambing Cross Boer?

Karena kambing lintas negara sangat banyak di masyarakat mudah bagi kita untuk menemukan petani dan pembibitan di Indonesia dan harganya masih sangat terjangkau untuk ukurannya terutama masyarakat di Indonesia dan terutama peternak di Jawa Timur khususnya.

Analisa Usaha Kambing Boer

Analisa Usaha Kambing Boer

Jadi langsung saja kita buat dan kita lihat. Judul yang kita beri adalah analisa Breeding Cross Boer ya.

Indukan

Nah kita mulai, kita membutuhkan untuk Indukan. Itu ada harganya untuk Pejantan sekarang harganya berkisar di 5 juta sedangkan betina di kisaran 4 juta. Sudah siap untuk produksi. Dengan betina dengan harga 4 juta.

Rata-rata laktasi 1 kali atau beranak satu anak dengan jantan sudah lebih dari setahun rata-rata 1,5 tahun kita sudah dapat dengan harga segitu dan dengan kualitas breeding sudah cukup bagus dengan harga segini.

Pakan

Oke, sekarang kita masuk ke pakan atau biaya operasional Pakan. Dalam hal ini, pengembangbiakan tidak dapat dipisahkan dari biaya pakan atau untuk biaya operasi pakan.

Di tempat kami, di pertanian Barokah. Untuk pakan Kambing Boer untuk berkembang biak. 1 hari cukup 2000 rupiah Ini terdiri dari pakan kering terus hijaun. 2 ribu rupiah. Cukup murah dan cukup terjangkau untuk kantong kita peternak khususnya di Jawa Timur.

Kita harus menghitung sekarang lamanya durasi produksi. Jadi untuk lamanya hamil itu adalah 5 bulan atau seratus limapuluh hari. Dan masa pengasuhan anak itu tiga bulan sampai siap untuk dijual atau 90 hari.

Dari sini kita bisa menghitung sekilas. Biaya yang harus kita keluarkan untuk 1 siklus. Jadi 150 ditambah 90 hari. Berarti ada total disini. 240 hari kalikan dengan 2000. Biaya yang dikeluarkan 480 ribu. Untuk menghasilkan 1 anak, jadi biaya yang kami butuhkan adalah 480 ribu.

Lalu kita hitung saja. Apakah 480 ribu kita sudah bisa untung dengan memelihara kambing.

Kita masuk ke perhitungan pemeliharaan. Kita asumsikan bahwa anak yang keluar adalah 1 ekor dan betina. Jual nanti usia sapih atau rata-rata panen dengan berat 20 kilogram dengan harga jual per kilogram. Mencapai 80 ribu.

Berarti anak an ini kita mendapatkan 1,6 juta. Ini 1,6 juta, ini 480 ribu. Dari gambar ini kita sudah bisa melihat secara sekilas.

Keuntungannya perbedaannya dari nilai jual anakan dan operasional. 1,6 juta dikurangi dengan 480 ribu. Ini dia muncul. Dikasih warna merah, jadi 1,6 juta dikurangi di sini 480 ribu. rata-rata keuntungan yang kita dapatkan adalah 1 juta 120 ribu.

Itu, Manfaat yang kita dapatkan ketika kita punya satu kambing. Inilah keuntungan yang kita dapatkan jika kita membiakkan jenis Kambing Boer.

Jadi rekan sejawat apa anda tertarik mengikuti kisah saya. Gambarannya sangat, sangat menguntungkan.

Masih enggan peternak?

Saya kira tidak kita harus yakin beternak adalah jantung dari peternakan. Kalau bukan kita, siapa lagi. Jika tidak sekarang, kapan lagi. Jadi ayo kita maju bersama dan terus berkembang untuk peternakan Indonesia.

Ini adalah Analisa Usaha kambing Boer jenis cross. Nantikan itu episode berikut tetap dengan saya. Itu saja, terima kasih, wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatu.

Tagged in:
,

About the Author

Peternak

Berbagi Informasi mulai dari Cara Mengobati Ayam, Harga Ayam, Manajemen, Kesehatan Ayam, Berbagai macam penyakit, dan info-info menarik lainnya.

View All Articles